Senin, 04 Januari 2010

Ketergantungan Nikotin

DEFINISI
Nikotin adalah bahan di dalam rokok yang membuat perokok menjadi ketergantungan.Dengan begitu, ketergantungan nikotin biasanya merupakan ketergantungan rokok.Sekitar 70% dari perokok mengakui bahwa mereka ingin berhenti merokok tetapi tak dapat melakukan itu.Orang yang berhenti, 90% oleh keinginan mereka sendiri, tetapi hanya sekitar 3 hingga 4% yang berhasil berhenti.


GEJALA
Nikotin, kalau didapatkan lewat merokok, secara umum menghasilkan sedikit efek yang tampak. Beberapa orang mengalami ?Flushing?. Penghentian pemakaian Nikotin mungkin menghasilkan banyak gejala yang tidak menyenangkan, termasuk mengidam nikotin, sifat lekas marah, kegelisahan, konsentrasi buruk, keresahan, sakit kepala, kantuk, dan gangguan perut.Banyak orang bertambah gemuk sewaktu mencoba berhenti merokok. Penghentian merokok paling susah pada orang yang sangat tergantung.


PENGOBATAN
Kebanyakan perokok yang berhenti untuk kesehatan atau ekonomi. Modifikasi prilaku adalah metode biasa yang dipakai dalam menolong orang untuk berhenti merokok. Regimen modifikasi prilaku mungkin dibuat dengan pertolongan seorang profesional, walaupun sumber lain memasukkan Internet dan sisipan bungkus pada produk pengganti nikotin. Modifikasi prilaku mengganti pola kebiasaan merokok selama aktivitas hidup sehari-hari. Kegiatan ini mungkin berupa percakapan telepon, minum kopi, makan, aktivitas seksual, kebosanan, atau masalah lalu-lintas atau frustrasi lain. Orang yang mengenali keinginan merokok mungkin mengubah kegiatan (misalnya, berjalan-jalan sebagai pengganti minum kopi) atau mengganti aktivitas oral (misalnya, mengisap gula-gula atau mengunyah tusuk gigi atau permen karet).

Berhenti merokok dengan tiba-tiba (penghentian total) umumnya lebih baik daripada berangsur-angsur. Menentukan hari berhenti sangat membantu. Tanggal berhenti mungkin acak atau pada kesempatan istimewa (misalnya, liburan atau hari jadi). Waktu yang menegangkan, seperti waktu batas waktu (misalnya, batas waktu pajak) perlu dipenuhi, bukanlah waktu baik untuk mencoba berhenti.

Mengganti dengan versi nikotin yang tak berasap beberapa yang lalu menolong banyak orang untuk menghentikan kebiasaan merokok. Banyak produk OTC dan obat resep pengganti nikotin tersedia, seperti permen karet nikotin, tambalan nikotin, nikotin nasal spray, dan nikotin inhaler.

Bupropion bisa digabungkan dengan produk pengganti nikotin. Bersama, mereka mempunyai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Hasil kedua obat terbaik kalau dipakai bersamaan dengan program modifikasi prilaku.

Bertambahnya berat badan perlu diperhatikan, terutama wanita. Nikotin menekan selera makan dan sedikit menambah laju pada kalori yang terbakar. Olah raga membantu mencegah pertambahan berat badan dan juga mungkin mengurangi keingian untuk nikotin.

Orang dengan masalah depresi berat yang mencoba berhenti merokok sebaiknya melakukan konseling. Bupropion adalah obat antidepresi, dibuat untuk orang yang murung atau memiliki risiko depresi.

Banyak orang tergantung pada nikotin kambuh sesudah mencoba berhenti pertama kali. Sebenarnya, lima sampai tujuh kegagalan secara umum mendahului keberhasilan. Lebih sering orang membuat percobaan serius untuk berhenti merokok, yang lebih memungkinkan orang pada akhirnya berhasil.

Kini ada obat baru yang dapat membantu usaha berhenti merokok yaitu Varenicline tartrate yang perlu pengawasan dokter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar