Senin, 04 Januari 2010

Penyalahgunaan Inhalan (obat yang dihirup)

DEFINISI
Inhalan (obat yang dihirup) lebih sering disalahgunakan oleh anak-anak remaja dibandingkan kokain atau LSD, tetapi masih lebih jarang dibandingakan dengan marijuana dan alkohol. Inhalan yang disalahgunakan adalah berupa bahan keperluan rumah tangga sehari-hari, yang hanya digunakan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya merupakan peneka otak yang kuat.

Bahkan dalam ruangan yang memiliki ventilasi yang baik pun, bahan kimia tersebut menimbulkan beberapa efek yang menekan otak.

Jika asap dari bahan-bahan tersebut dihirup secara langsung, efeknya lebih kuat. Bahan tersebut bisa disemprotkan ke dalam sebuah kantong plastik dan kemudian dihirup (bagging, sniffing, snorting), atau pecandu menghirup sehelai kain yang sudah direndam dengan bahan tersebut melalui hidung atau mulutnya (huffing).


Inhalan dan bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Barang Bahan kimia
Perekat pesawat terbang Toluen, etil asetat
Semen karet Heksan, toluen, metil etil keton, metil butil keton
Semen polivinil klorida Trikloro etilen
Cat semprot Butan, propan, fluorokarbon, toluen, hidrokarbon
Semprotan rambut
(hair spray)
Butan, propan, fluorokarbon
Deodoran semprot, pewangi ruangan Butan, propan, fluorokarbon
Obat semprot pereda nyeri,
obat semprot asma
Fluorokarbon
Penghapus cat kuku Aseton, etil asetat
Penghapus cat Toluen, metilen klorida, metanol aseton, etil asetat
Pengencer cat Hasil penyulingan minyak bumi, ester, aseton
Penghapus ketikan dan pengencernya Triklor etilen, triklor etan
Bahan bakar gas Propan
Bahan bakar gas korek api Butan
Bensin Campuran hidrokarbon
Cairan untuk dry-cleaning) Tetraklor etilen, triklor etilen
Penghilang noda Xilen, hasil penyulingan minyak bumi, kloro hidrokarbon
Pencuci pelumas Tetraklor etilen, triklor etan, triklor etilen
Krim kocok
(whipped cream)
Nitrogen oksida
(gas gelak)
Pengharum ruangan nitrit Alkil nitrit, (iso)amil nitrit, (iso)butil nitrit, isopropil nitrit, butil nitrit


GEJALA
Keracunan terjadi dengan segera, pemakai inhalan akan mengalami:
- pusing
- mengantuk
- linglung
- bicara ngawur
- berkurangnya kemampuan untuk berdiri dan berjalan.
Efek tersebut bisa berlangsung selama beberapa menit atau lebih dari 1 jam.

Pemakai juga bisa menjadi sangat bergairah, bukan karena bahan kimianya berupa perangsang, tetapi karena pemakai kehilangan kendali, seperti halnya yang terjadi pada penyalahgunaan alkohol.

Bisa terjadi kematian, bahkan pada saat pertama kali bahan ini dihisap secara langsung, yang disebabkan oleh tertekannya pernafasan atau irama jantung yang tidak teratur (aritmia).

Beberapa pemakai, biasanya anak remaja atau bahkan yang lebih muda, menyulut asap dari inhalan dengan korek api, sehingga timbul api yang dihisap melalui hidung dan mulut dan masuk ke dalam paru-paru. Luka bakar pada kulit dan organ dalam bisa berakibat fatal.

Pemakai lainnya meninggal karena asfiksiasi, sebab bahan yang dihirup menyelimuti paru-paru dan menghalangi masuknya okdigen ke dalam aliran darah.

Penyalahgunaan menahun atau pemaparan bahan kimia ini di tempat kerja bisa merusak otak, jantung, ginjal, hati dan paru-paru. Selain itu bisa terjadi kerusakan sumsum tulang, yang akan mempengaruhi pembuatan sel darah merah dan menyebabkan anemia.

Menghirup gas nitrogen oksida (NO, gas gelak) dari tabung whipped cream tampaknya tidak berbahaya, tetapi jika sering terjadi bisa menyebabkan mati rasa dan kelemahan di tungkai dan lengan, yang isa bersifat menetap.

Amil nitrit secara resmi digunakan untuk keperluan medis, diantaranya untuk mengurangi nyeri dada karena penyakit arteri koroner. Penyalahgunaan amil nitrit biasanya dilakukan oleh pria homoseksual yang menginginkan perubahan kesadaran dan menambah gairah seksual.

Amil nitrit tampaknya meningkatkan orgasme dengan mempengaruhi pengiriman oksigen ke otak. Amil nitrit bisa diperoleh melalui resep dokter atau secara tidak resmi, tetapi butil nitrit dan isobutil nitrit dijual secara resmi dengan berbagai merek dagang.

Butil nitrit dan isobutil nitrit dengan segera akan menurunkan tekanan darah, menyebabkan pusing dan kemerahan pada wajah, yang diikuti dengan denyut jantung yang cepat. Karena itu, obat ini sangat berbahaya bagi seseorang yang memiliki masalah jantung.


PENGOBATAN
Pengobatan terhadap anak-anak dan remaja yang menyalahgunakan inhalan terdiri dari penilaian dan penatalaksanaan kerusakan organ-organ yang terjadi.

Untuk mengatasi masalah psikis dan sosial, diberikan penyuluhan dan bimbingan. Angka penyembuhan dari penyalahgunaan inhalan menempati urutan terbawah diantara berbagai bahan yang disalahgunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar