Kamis, 14 Januari 2010

Penurunan Libido pada Wanita

DEFINISI
Penurunan libido adalah menurunnya gairah seks. Menurunnya gairah seks adalah hal yang umum, sering disebabkan oleh kondisi yang sifatnya sementara, seperti kelelahan. Gairah seks yang terus menerus menurun dapat membuat stress wanita ataupun pasangannya.


PENYEBAB
Gairah seks dipengaruhi oleh hormon seks, yaitu estrogen dan progresteron. Naik turunnya tingkat hormon ini, dapat terjadi setiap bulan dan selama masa kehamilan, yang mana mempengaruhi gairah seks. Wanita yang menopause, gairah seksnya dapat menurun dikarenakan menurunnya tingkat estrogen. Gairah seks juga dapat menurun pada wanita yang kedua indung telurnya telah diangkat.

Penurunan gairah seks bisa dikarenakan depresi, kekhawatiran, stress atau masalah-masalah dalam berhubungan. Pemakaian obat-obatan, termasuk antikonvulsan, obat kemoterapi (seperti tamoxifen), beta-bloker, dan kontrasepsi oral, juga dapat menurunkan gairah seks, sama seperti minum alkohol dalam jumlah yang banyak.


DIAGNOSA
Diagnosa tersebut berdasarkan gambaran masalah pada wanita. Seorang dokter bertanya kepada wanita mengenai stress, masalah gaya hidup, seks dan riwayat kesehatannya, termasuk pemakaian obat-obatan. Tingkat hormon seks dapat diukur dari contoh darah.


PENGOBATAN
Pengobatan bergantung pada penyebabnya. Obat-obatan yang dapat mempengaruhi sebisa mungkin dihentikan. Jika faktor psikologi yang berpengaruh, konseling dapat dianjurkan. Bila penyebab adalah rendahnya tingkat hormon seks, testosteron dikombinasikan dengan estrogen dalam dosis rendah dapat diberikan secara oral. Selain untuk meningkatkan gairah seks, hormon testosteron juga dapat meningkatkan kekuatan otot, mencegah hilangnya kepadatan tulang, dan meningkatkan energi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar