Rabu, 13 Januari 2010

Pubertas

DEFINISI
Pubertas adalah urutan peristiwa dimana perubahan fisik terjadi, menghasilkan sifat fisik orang dewasa dan kemampuan untuk bereproduksi. Perubahan fisik ini diatur dengan kadar hormon yang berubah yang menghasilkan kelenjar pituitary-hormon luteinizing dan hormon perangsang-folikel.

Ketika lahir, kadar hormon-hormon ini tinggi, tetapi menurun dalam beberapa bulan dan tetap rendah sampai pubertas. Di awal pubertas, kadar hormon luteinizing dan hormon perangsang-folikel meningkat, merangsang produksi hormon seks.

Peningkatan kadar hormon seks (khususnya estrogen) diakibatkan perubahan fisik, termasuk pematangan payudara, ovarium, rahim dan vagina. Secara normal, perubahan-perubahan ini terjadi secara berurutan selama puber, menghasilkan kematangan seksual.

Perubahan pertama pada pubertas biasanya dimulai pada pertumbuhan payudara (payudara membesar). Pada anak perempuan yang tinggal di Amerika Serikat, perubahan ini biasanya terjadi sekitar usia 8 sampai 13 tahun. Segera setelah itu, pubis, dan rambut di ketiak mulai tumbuh. Jarak antara payudara membesar ke periode menstruasi biasanya sekitar 2 ½ tahun. Di Amerika Serikat, anak gadis, rata-rata, memiliki periode pertama ketika mereka hampir 13 tahun. Bentuk Tubuh perempuan berubah, dan persentase lemak tubuh meningkat.

Dorongan pertumbuhan menyertai pubertas dimulai kira-kira ketika pubis dan rambut di ketiak mulai tumbuh. Pertumbuhan relatif cepat di awal pubertas (sebelum periode menstruasi dimulai) dan puncaknya sekitar usia 12 tahun. Kemudian perkembangan sangat lambat, biasanya berhenti antara usia 14 dan 16 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar