Jumat, 19 Februari 2010

Sensasi Globus (Histeria Globus)

DEFINISI
Sensasi Globus (dulu disebut Histeria globus) adalah perasaan memiliki sebuah benjolan di tenggorokan, padahal sebenarnya tidak ada.


PENYEBAB
Perasaan tersebut bisa diakibatkan oleh kelainan pada aktivitas atau kepekaan otot kerongkongan. Sensasi globus bisa terjadi bersamaan dengan seringnya menelan dan keringnya kerongkongan akibat kecemasan, emosi kuat lainnya atau pernafasan yang cepat.


GEJALA
Sensasi globus bisa menyebabkan penderitanya enggan untuk makan. Keadaan ini seringkali bisa disembuhkan dengan makan, minum atau menangis.


DIAGNOSA
Dilakukan pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan rontgen dada, pemeriksaan barium kerongkongan dan pengukuran tekanan di kerongkongan. Bila gejalanya khas, tidak ada kelainan fisik, dan tekanan sosial atau tekanan psikis jelas terlihat, maka diagnosis sensasi globus ditegakkan.


PENGOBATAN
Menanamkan keyakinan bahwa tidak ada kelainan fisik yang serius, bisa membantu penyembuhan. Tidak ada obat khusus yang menyembuhkan sensasi globus, tetapi bisa diberikan obat anti depresi atau obat anti cemas. Bila masalahnya berupa kecemasan, depresi atau masalah psikis lainnya, sebaiknya ditangani secara khusus, mungkin dengan bantuan psikiater atau psikolog.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar