Jumat, 19 Februari 2010

Sindrom Pertumbuhan Bakteri Berlebihan

DEFINISI
Sindroma pertumbuhan bakteri berlebihan adalah gangguan pada pergerakan buruk isi usus yang mana membolehkan bakteri usus normal tertentu bertumbuh secara berlebihan, menyebabkan diare dan penyerapan buruk gizi (malabsorpsi).
  • Beberapa kondisi dan penyakit memperlambat atau menghentikan gerakan isi usus.
  • Beberapa orang tidak mempunyai gejala, sedangkan orang lain mengalami kehilangan berat badan, kekurangan nutrisi, dan diare.
  • Diagnosa berdasarkan gejala yang terjadi sesudah orang sudah menjalankan pembedahan tertentu.
  • Antibiotika bisa menghapuskan bakteri berlebih.

Gerakan mantap isi usus yang normal (gerakan peristaltik) adalah penting untuk menolong memelihara keseimbangan bakteri di usus kecil.Kondisi dimana isi usus lambat atau menumpuk di satu tempat menyebabkan bakteri berkembang berlebihan. Kondisi seperti itu termasuk jenis tertentu dari pembedahan di perut, usus, atau keduanya. Pemnyakit seperti penyakit gula, sklerosa sistemik, dan amyloidosis juga bisa memperlambat gerakan peristaltik, menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebihan.

Bakteri yang berlebihan memakan gizi, termasuk vitamin B12 dan karbohidrat, menyebabkan pemasukan kalori rendah dan kekurangan vitamin B12. Bakteri juga memecah garam empedu, yang dikeluarkan oleh hati untuk membantu pencernaan. Kehilangan garam empedu menyebabkan kesukaran menyerap lemak, menyebabkan diare dan kurang gizi. Beberapa orang mempunyai sedikit gejala atau hanya kehilangan berat badan. Orang lain mempunyai kekurangan nutrisi yang hebat, diare, atau keduanya.


DIAGNOSA
Dokter mendasarkan diagnosa pada gejala khas yang terjadi pada orang yang sudah menjalankan pembedahan jenis tertentu. Kadang-kadang mereka mengambil sampel dari usus kecil dengan alat tube plastik tipis yang dimasukkan lewat hidung. Beberapa dokter malahan melakukan tes kadar alkohol dalam nafas, seperti tes kadar 14C-xylose. Pada tes ini, orang minum cairan yang berisi, penanda radioaktif ringan khusus (karbon-14) yang terikat pada gula (xylose). Jika xylose dipecah oleh kelebihan bakteri, karbon-14 bisa diketahui pada nafas penderita.


PENGOBATAN
Kebanyakan penderita menjadi sembuh dengan antibiotika yang diberikan secara oral selama 10 sampai 14 hari. Dokter meresepkan suplemen untuk memperbaiki kekurangan nutrisi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar