Senin, 22 Maret 2010

Perforasi/Perlubangan

DEFINISI
etiap organ pencernaan berongga bisa menjadi berlubang (bocor), yang menyebabkan terlepasnya isi gastrointestinal dan menyebabkan kejutan dan kematian jika operasi tidak dilakukan segera.
  • Gejala-gejala termasuk rasa sakit hebat yang tiba-tiba pada dada atau perut dan perut lunak ketika disentuh.
  • Sinar-X atau computed tomography digunakan untuk membuat diagnosa.
  • Operasi cepat diperlukan.
Perforasi membuat makanan, cairan pencernaan, atau isi usus bocor ke dalam perut (atau kadangkala dada, jika kerongkongan terlubangi). Benda-benda ini sangat melukai dan mengandung bakteri, dimana menyebabkan peradangan hebat dan infeksi yang biasanya fatal bila tidak diobati.


PENYEBAB
Penyebabnya bervariasi bergantung pada daerah pelubangan, tetapi luka berat bisa mempengaruhi setiap bagian sistem pencernaan. Benda asing yang ditelan biasanya tertelan tanpa kesulitan tetapi kadangkala menjadi tersangkut dan menimbulkan pelubangan.

Bebarapa Penyebab Perforasi
Area Perforasi
Penyebab
Keterangan
Saluran pencernaan manapun Luka
Benda asing
Esofagus Muntah yang kuat Disebut Boerhaave's syndrome
Luka dari tindakan medis Khususnya disebabkan oleh esophagoscope, balloon dilator, atau bougie (alat silinder tipis dan tajam)
Menelan senyawa yang korosif kuat Seperti asam batere atau pewarna
Lambung atau usus kecil (duodenum) Penyakit tukak lambung Sekitar sepertiga penderita tidak memiliki gejala tukak sebelumnya
Menelan senyawa yang korosif kuat Biasanya mempengaruhi lambung dibanding usus kecil
Appendicitis akut dan Meckel's diverticulitis
Sembelit (Obstruction) Resiko tinggi : penderita yang minum prednison atau imunosupresan lainnya (penderita sedikit memiliki gejala)


GEJALA
Perforasi pada kerongkongan, perut, atau duodenum menyebabkan rasa sakit hebat tiba-tiba, yang bisa menjalar (radiate) menuju bahu. Orang tersebut tampak sangat kesakitan, dengan detak jantung yang cepat, berkeringat, dan perut yang lembek dan kencang untuk disentuh. Karena perlubangan pada usus kecil atau besar seringkali terjadi selama kondisi menyakitkan lainnya, dan kadangkala terhalang, gejala kemungkinan sedikit dramatis dan bisa-bisa memperburuk masalah sebenarnya. Pada semua jenis perlubangan, orang tersebut biasanya mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.


DIAGNOSA
Dokter biasanya melakukan sinar-X pada dada dan perut, yang bisa menunjukkan udara yang bocor dari sistem pencernaan, tanda pasti pada perlubangan. Kadangkala, dokter perlu untuk melakukan computed tomography (CT) scan untuk memastikan diagnosa.


PENGOBATAN
Jika dokter mendiagnosa perlubangan, operasi segera diperlukan. Sebelum operasi, orang tersebut menerima cairan infus dan antibiotik. Juga, pipa kecil dimasukkan melalui hidung menuju perut untuk menghisap cairan perut keluar sehingga mereka tidak mengalir keluar perlubangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar