Minggu, 04 April 2010

Hernia/Burut Dinding Perut

DEFINISI
Hernia/burut dinding perut adalah tonjoloan usus lewat lubang atau pada area yang lemah dari dinding perut.
  • Hernia dinding perut menyebabkan penonjolan yang tampak tetepi sedikit mengganggu.
  • Diagnosa dibuat oleh dokter dengan pemeriksaab dan kadangkala dengan ultrasonografi.
  • Perawatan termasuk operasi untuk memperbaiki hernia.
Hernia perut sering terjadi terutama pada pria. Ada sekitar 700.000 operasi hernia setiap tahun di Amerika Serikat. Hernia biasanya dinamakan berdasarkan tempat dimana terjadinya hernia.

Dinding perut tebal dan keras pada hampir semua areanya, sehingga hernia biasanya terjadi pada area yang lemah dimana lubang sebelumnya sudah ditutup. Mengangkat beban berat atau meregang dapat membuat hernia lebih nyata tetapi tidak menyebabkan hernia terbentuk.

  1. Hernia inguinal
    Hernia inguinal muncul pada lipatan pangkal paha atau pada kantung kemaluan. Sering terjadi pada pria. Ada dua tipe, langsung dan tak langsung, tergantung pada dimana tepatnya hernia terjadi.

  2. Hernia umbilical
    Hernia umbilical terjadi disekitar pusar (umbilicus). Banyak bayi yang mengalami hernia umbilical kecil karena lubang untuk pembuluh darah tidak tertutup secara sempurna. Orang dewasa yang mengalami hernia umbilical disebabkan oleh kegemukan, hamil, atau kelebihan cairan di dalam perut (ascites).

  3. Hernia femoral
    Suatu hernia yang terbentuk persis di bawah lipatan pangkal paha di tengah paha dimana arteri dan vena femoral meninggalkan perut menuju ke kaki. Tipe hernia ini umumnya terjadi pada wanita.

  4. Hernia incisional
    Kadangkala hernia terbentuk melalui sayatan operasi pada dinding perut. Tipe hernia ini mungkin terjadi setelah beberapa tahun setelah operasi.

  5. Pengurungan dan pengikatan
    Kadang-kadang, ikatan usus terjebak di dalam hernia, kondisi ini disebut pengurungan (incarceration). Jarang, hernia menjebak usus begitu kuat sehingga menghentikan suplai darah, kondisi ini disebut pengikatan (strangulation). Pada pengikatan, bagian usus yang terjebak dapat berkembang menjadi gangren sekurang-kurangnya 6 jam setelah terjadi. Dengan adanya gangrene, dinding usus akan mati, biasanya menyebabkan pecah, dimana menyebabkan peritonitis (pembengkakan dan biasanya infeksi pada rongga abdominal), shock dan jika tak diobati menyebabkan kematian.

GEJALA
Banyak orang hanya melihat tonjolan di tempat adanya hernia. Kadang-kadang hernia muncul hanya sewaktu mengangkat, batuk atau meregang. Biasanya terjadi sedikit atau tidak ada rasa tidak nyaman, dan tonjolan bisa ditekan kembali ke dalam oleh penderita atau dokter. Hernia terkurung tidak mempunyai gejala tambahan, tetapi tonjolan tidak dapat dikurangi. Hernia pengikatan menyebabkan nyeri yang menetap dan meningkat, biasanya disertai dengan mual dan muntah, tidak dapat dikurangi dan lembut ketika disentuh.


DIAGNOSA
Dokter membuat diagnosa berdasarkan pemeriksaan. Benjolan di pangkal paha yang menyerupai hernia membuat bengkak titik getah bening dan buah testis tida bisa turun. Pembengkakan buah zakar mungkin merupakan varcocele (kondisi dimana suplai darah pada testis berkembang menjadi varises vena) atau spematocele (kumpulan sperma pada kantung yang kemudian berkembang menjadi epididimis). Kadangkala dokter melakukan tes ultrasound untuk membantu menentukan diagnosa.


PENGOBATAN
Hernia umbilical pada bayi jarang mencekik dan tidak perlu diobati. Kebanyakan akan hilang sendiri tanpat perawatan dalam beberapa hari. Hernia umbilical yang sangat besar dapat diperbaiki setelah bayi berumur 2 tahun.

Karena tipe hernia lain dapat terjadi pengikatan, dokter biasanya memperbaikinya dengan operasi setelah terdiagnosa. Jika hernia terkuung atau terikat/tercekik, operasi dilakukan selekas mungkin. Walau demikian, perbaikan dilakukan di waktu penderita merasa nyaman (operasi elektif).

Menahan hernia dengan pita, pembalut atau alat lain kadang-kadang membuat penderita lebih nyaman tetapi tidak mengurangi resiko tercekik atau menyebabkan lubang menutup, oleh karena itu, hal itu tidak direkomendasikan. Hanya hernia umbilical hilang dengan sendirinya tanpa perawatan/pengobatan.


PENCEGAHAN
Anda tidak dapat mencegah cacat bawaan yang dapat mengarah pada hernia inguinalis, tetapi langkah-langkah berikut dapat membantu mengurangi tekanan pada otot perut Anda dan jaringan:
  1. Menjaga berat badan yang sehat. Jika Anda pikir Anda akan kelebihan berat badan, bicaralah dengan dokter Anda tentang rencana latihan dan diet terbaik untuk Anda.
  2. Tekankan makanan yang mengandung serat tinggi. Buah segar dan sayur-sayuran dan biji-bijian yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Mereka juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah sembelit dan tegang.
  3. Angkat benda-benda berat dengan hati-hati atau hindari angkat berat sama sekali. Jika Anda perlu mengangkat sesuatu yang berat, selalu tekuk lutut Anda, bukan pinggang Anda.
  4. Berhenti merokok. Selain meningkatkan risiko penyakit serius seperti kanker, paru-paru dan penyakit jantung, merokok seringkali menyebabkan batuk yang kronis yang dapat menyebabkan atau memperburuk sebuah hernia inguinalis.
  5. Jangan mengandalkan truss untuk dukungan. Berlawanan dengan apa yang Anda mungkin sudah pernah mendengar, mengenakan truss bukan yang terbaik solusi jangka panjang untuk hernia inguinalis. Sebuah truss tidak akan melindungi terhadap komplikasi atau memperbaiki masalah utama, meskipun dokter anda dapat merekomendasikan memakai satu untuk waktu yang singkat sebelum operasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar