Minggu, 04 April 2010

Kantong Kerongkongan (Divertikula)

DEFINISI
Kantong Kerongkongan (Divertikula) merupakan penonjolan kerongkongan abnormal, yang kadang menyebabkan kesulitan menelan.

Ada tiga jenis kantung esofagus:
  1. Kantong Faringeal atau divertikulum Zenker
  2. Kantong Midesofageal atau divertikulum traksi
  3. Kantong Epifrenik.

PENYEBAB
Setiap jenis kantong kerongkongan memiliki penyebab yang berbeda, tapi kemungkinan semuanya berhubungan dengan penelanan dan relaksasi otot yang tidak terkoordinasi, seperti yang terjadi pada kelainan akalasia dan kejang kerongkongan yang tersebar.


GEJALA
Kantong yang besar dapat terisi dengan makanan yang kemudian bisa dimuntahkan pada saat penderita berbaring atau membungkuk. Hal ini dapat menyebabkan makanan terhirup ke dalam paru-paru ketika tidur dan terjadilah pneumonia aspirasi. Kadang kantung kerongkongan ini bisa membesar dan menyebabkan kesulitan menelan.


DIAGNOSA
Untuk menegakkan diagnosis kantong kerongkongan, biasanya dilakukan pemeriksaan sineradiograf yang dilakukan selama penderita menelan barium.


PENGOBATAN
Biasanya tidak diperlukan pengobatan. Jika terdapat gangguan dalam proses menelan atau terjadi aspirasi ke dalam paru-paru, bisa dilakukan pembedahan untuk mengangkat kantong kerongkongan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar