Minggu, 04 April 2010

Robekan Pada Kerongkongan

DEFINISI
SINDROMA MALLORY-WEISS

Sindroma Mallory-Weiss adalah luka robek (lecet) pada bagian bawah kerongkongan dan bagian atas lambung selama muntah-muntah atau cegukan yang sangat kuat. Gejala awal biasanya berupa perdarahan karena pecahnya arteri. Sindroma Mallory-Weiss adalah penyebab dari 5% perdarahan di saluran pencernaan atas. Diagnosis ditegakkan dengan melakukan pemeriksaan esofagoskopi atau arteriografi. Luka robek (lecet) tidak dapat dideteksi dengan foto rontgen biasa.

Kebanyakan perdarahan berhenti dengan sendirinya, namun kadang-kadang perlu dilakukan pengikatan arteri yang pecah melalui pembedahan. Perdarahan juga bisa dikendalikan dengan menyuntikkan vasopresin pada saat melakukan arteriografi.


PECAH KERONGKONGAN

Kerongkongan bisa pecah selama tindakan endoskopi atau prosedur lainnya dimana ada alat yang dimasukkan. Beberapa kasus pecahnya kerongkongan memiliki resiko kematian yang tinggi. Pecah kerongkongan biasanya disebabkan oleh muntah dan kadang juga bisa disebabkan karena mengangkat beban berat atau mengedan selama buang air besar.

Pecah kerongkongan menyebabkan peradangan jaringan dada di luar kerongkongan dan memungkinkan cairan masuk ke ruangan di antara pleura yang membungkus paru-paru (efusi pleura). Dilakukan pembedahan segera untuk memperbaiki kerongkongan dan mengeluarkan cairan yang terkumpul.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar