Sabtu, 03 April 2010

Vipoma

DEFINISI
Vipoma adalah jenis langka pada tumor pankreas yang menghasilkan vasoactive intestinal peptide (VIP), sebuah zat yang menyebabkan diare berair berat. Sekitar 50 sampai 75% tumor ini adalah kanker. Pada sekitar 6% orang, vipoma terjadi sebagai bagian dari multiple endocrine neoplasia.


GEJALA
Gejala utama adalah diare encer secara besar-besaran yang lama. Orang menghasilkan 1 sampai 3 liter (1000 sampai 3000 ml) kotoran sehari, menyebabkan dehidrasi. Pada 50% penderita, diare adalah konstan, dan di dalam tidur, diare berat bervariasi setiap saat.

Karena diare menghilangkan banyak garam normal pada tubuh, orang seringkali mengalami kadar potasium yang rendah pada darah (hypokalemia), dan asam darah berlebihan (acidosis). Perubahan ini bisa menyebabkan lesu, otot lemah, mual, muntah, dan sakit kram perut. Beberapa orang mengalami pusing.


DIAGNOSA
Seorang dokter mendasari diagnosa pada gejala orang tersebut dan menemukan kadar yang meningkat pada VIP di dalam darah. Orang dengan kadar VIP meningkat harus melakukan endoskopi ultrasonik atau PET scan untuk mendeteksi lokasi vipoma.


PENGOBATAN
Awalnya cairan dan elektrolit harus diganti. Bikarbonat harus diberikan untuk menggantikan kehilangan dari kotoran dan menghindari acidosis. Karena air dan elektrolit selanjutnya akan hilang di dalam kotoran sebagaimana rehidrasi di capai, dokter bisa menjumpai kesulitan untuk secara kontinyu menggantikan air dan elektrolit.

Obat octreotide biasanya mengendalikan diare, tetapi dosis besar kemungkinan diperlukan. Operasi pengangkatan pada vipoma menyembuhkan sekitar 50% orang yang tumornya belum menyebar. Operasi bisa sementara waktu menghilangkan gejala pada orang yang tumornya telah menyebar. Kemoterapi tidak menyembuhkan penyakit ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar