Kamis, 22 Juli 2010

Jeruk Nipis Atasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan pastinya bikin kita jadi ga nyaman banget, gimana tidak pas nelen makanan ga enak pas minum rasanya juga jadi ga enak. Serba ga enak pokoknya, ada beberapa penyebab dari radang tenggorokan mulai dari terinfeksi bakteri, karena menghirup bahan - bahan kimia atau bisa juga karena alergi makanan. Biasanya gejala tenggorokan di awali dengan rasa gatal pada tenggorokan, namun jangan khawatir berikut ada beberapa resep alami yang bisa membantu mengatasi radang tenggorokan :

Resep 1
Resep ini cocok untuk gejala awal radang tenggorokan yang biasanya di awali dengan rasa gatal pada tenggorokan.
Caranya : Peras 3 buah jeruk nipis yang telah masak dan seduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata. Selagi hangat gunakan untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2 - 3 menit 3 kali sehari.

Resep 2
Resep ini cocok ketika tenggorokan terasa sakit, suara serak dan susah buat menelan.
Caranya : Campurkan perasan 2 buah jeruk nipis matang ke dalam segelas air garam hangat dan aduk hingga rata, kemudian gunakan untuk berkumur dalam tenggorokan selama 2 - 3 menit 3 kali sehari.

Resep 3
Resep ini berfungsi untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan.
Caranya : Peras 2 buah jeruk nipis matang dan campurkan dengan sedikit garam dalam gelas, aduk sampai rata dan minum airnya.

Resep 4
Saat tenggorokan terasa sakit dan susah menelan bisa juga dengan resep berikut.
Caranya : Haluskan 6 siung bawang putih dan seduh dengan segelas air hangat, selanjutnya gunkan untuk berkumur. lakukan selama 3 hari.

Resep 5
Resep ini di gunakan saat radang sudah parah.
Caranya : Rebus 400 cc air hingga mendidih lalu tambahkan 4 batang kayu putih ( 10 cm an ) dan 8 cangkang mahkota dewa. Setelah dingin ambil airnya dalam gelas lalu tambahkan perasan 1/2 jeruk nipis lalu di minum. Lakukan 3 kali sehari

Sumber : http://cozyeslife.blogspot.com
gambar: http://lenterahati.web.id/wp-content/uploads/jeruk-nipis.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar