Selasa, 20 Juli 2010

Sunat Bisa Selamatkan 4 Juta Pria Afrika dari Ancaman HIV

sunat afrika dalam science dailyBadan kesehatan dunia (WHO) dan para tokoh dunia kini ramai-ramai mengkampanyekan sunat pria untuk mencegah ancaman penyakit menular yang mematikan HIV. Kampanye ini diharapkan bisa menambah jumlah pria yang disunat terutama di negara Afrika timur dan selatan.

Pakar HIV dari Population Services International (PSI) Krishna Jafa menghitung jika kesadaran pria di Afrika timur dan selatan baik yang dewasa maupun bayi lelaki yang baru lahir tentang sunat bisa meningkat menjadi 80 persen maka akan ada 4 juta pria Afrika yang selamat dari ancaman HIV.

Semakin banyak pria yang disunat juga bisa menghemat biaya kesehatan untuk penanggulangan HIV US$ 20,2 miliar untuk anggaran tahun 2009-2025.

"Dengan sumber daya yang tipis, kita harus fokus pada metode yang terbukti efektif dalam mencegah penularan HIV seperti melalui sunat. Mantan Presiden AS Bill Clinton dan Bill Gates dalam pidatonya juga menyerukan untuk meningkatkan jumlah laki-laki yang disunat," ujar Krishna Jafa seperti dikutip dari Reuters, Rabu (21/7/2010).

Sementara penelitian yang dilakukan WHO menunjukkan sunat pada laki-laki bisa mengurangi risiko HIV hingga 60 persen. Sunat diharapkan bisa mengurangi jumlah infeksi baru HIV dengan menggunakan teknik dan peralatan yang lebih baik, serta pelatihan bagi staf yang melakukan.

Dalam sistem yang baru dirintis, satu tim yang terdiri dari dua dokter dan tiga perawat mampu mengkhitan empat orang pada saat yang bersamaan dan meningkatkan rata-rata jumlahnya dari 3 operasi per jam menjadi 10 operasi per jam. Setelah lebih dari 12 bulan melakukan sistem ini, sekitar 6.500 orang sudah disunat.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas dari prosedur ini tetap baik untuk dilakukan. Apalagi tidak ada laporan efek samping buruk setelah disunat.

Studi yang dilakukan PSI menemukan Zimbabwe sebagai negara yang memiliki tingkat rata-rata HIV pada orang dewasa sekitar 13,7 persen dan tingkat laki-laki yang disunat hanya sekitar 10 persen saja. Namun jika 80 persen laki-lakinya disunat, maka kemungkinan bisa mencegah 750 ribu orang dari infeksi HIV baru.

Bos Microsoft, Bill Gates melalui Gates Foundation telah menghabiskan dana US$ 34 miliar untuk memerangi HIV. Dalam konferensi AIDS pada Senin lalu ia mengaku terkejut dengan banyaknya pria di Afrika yang ingin disunat demi mengurangi risiko tertular HIV. Jumlah ini menurutnya jauh lebih banyak dari yang diharapkan.
(ver/ir)

Oleh: Vera Farah Bararah - detikHealth

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar