Senin, 04 Oktober 2010

Leukoplakia

LeukoplakiaDEFINISI
Leukoplakia merupakan kondisi menebalnya gusi, seperti bentuk bercak putih di bagian dalam pipi, bagian bawah mulut dan kadang-kadang di lidah Anda. Penebalan ini tidak mudah dikikis.


PENYEBAB
Penyebab leukoplakia tidak diketahui, tetapi tembakau, baik merokok atau mengunyah, dianggap sebagai penyebab utama dalam pembangunan.

Leukoplakia biasanya tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang bisa serius. Meskipun kebanyakan patch leukoplakia jinak, persentase kecil menunjukkan tanda-tanda awal kanker, dan banyak kanker mulut terjadi di sebelah area leukoplakia. Untuk alasan itu, sebaiknya pergi dokter gigi Anda jika Anda telah merasakan, perubahan yang terus-menerus dalam mulut Anda.


GEJALA
Perubahan biasanya terjadi pada gusi Anda, bagian dalam pipi Anda, bagian bawah mulut dan kadang-kadang di lidah Anda, dan mungkin muncul dalam bentuk:
  • Putih atau kelabu patch yang tidak dapat menyeka
  • Beraturan atau flat tekstur
  • Kental atau daerah mengeras
Jenis leukoplakia disebut leukoplakia berbulu terutama terhadap orang-orang yang sistem kekebalan tubuh telah dilemahkan oleh obat atau penyakit, terutama HIV /AIDS.


PERAWATAN DAN PENCEGAHAN
Perawatan dan pencegahan yang paling pas adalah mengurangi atau menjauhi faktor-faktor penyebabnya. Misalnya bila anda perokok aktif kurangilah merokok, sementara bila memeriksakan diri ke dokter biasanya dokter akan melakukan pembedahan ringan untuk mengikis penebalan di bagian yang terinfeksi. Namun sebaiknya segeralah mungkin memeriksakan diri sebelum leukoplakia berubah menjadi sel kanker.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar