Rabu, 29 Desember 2010

Migrain

DEFINISI
Sakit kepala kronis yang dapat menyebabkan rasa sakit yang berarti selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Gejala bisa parah sehingga Anda mungkin merasa baikan setelah berbaring di ruangan yang gelap. Beberapa migrain ditandai gejala seperti kilatan cahaya, blind spot atau kesemutan di lengan atau kaki. Bahkan ada migrain yang disertai mual, muntah, dan yang lebih ekstrim merasa tergangu pada cahaya dan suara.


GEJALA
Migrain biasanya dimulai pada masa kanak-kanak, remaja atau awal dewasa dengan gejala sebagai berikut:
  • Nyeri yang parah, yang mungkin terjadi pada satu sisi kepala atau keduanya
  • Kepala nyeri dengan rasa berdenyut-denyut
  • Rasa sakit yang memburuk bila beraktivitas fisik
  • Rasa sakit yang mengganggu aktivitas Anda
  • Mual dengan atau tanpa muntah
  • Sensitivitas terhadap cahaya dan suara
Bila tidak diobati, migrain biasanya berlangsung dari empat sampai 72 jam, namun frekuensi sakit kepala yang terjadi berbeda dari orang ke orang. Anda mungkin telah migrain beberapa kali sebulan atau lebih jarang.


PENYEBAB
Penyebab umum migrain banyak sekali diantaranya adalah, makanan, stress, perubahan pola tidur, perubahan hormon pada wanita.


PERAWATAN DAN PENCEGAHAN
Obat-obatan ringan seperti aspirin dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Namun jika perawatan ringan tidak memberikan perubahan pada rasa sakit. Anda dapat menghubungi dokter anda. Karena obat-boat racikan dan perubahan gaya hidup dapat mempengaruhi berkurangnya rasa sakit.

Sedangkan pencegahan yang dapt dilakukan adalah dengan mengubah pola hidup Anda, dengan berolahraga secara teratur misalnya, selain itu cobalah hindari makanan-makanan yang memang menjadi pemicu rasa sakit Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar