Senin, 03 Januari 2011

Thumb Arthritis

Thumb ArthritisDEFINISI
Thumb Arthritis adalah kondisi dimana sendi pergelangan tangan dan pangkal ibu jari terasa sakit, bengkak, penurunan kekuatan dan rentang gerak, sehingga sulit melakukan kegiatan yang sederhana.


PENYEBAB
Thumb arthristis bisa disebabkan karena kombinasi berbagai faktor seperti kelebihan berat badan, proses penuaan, cedera sendi atau stress, genetik (keturunan), kelemahan otot dan kumulatif beban ketika melakukan pekerjaan yang berulang-ulang.


GEJALA
Thumb arthritis ditandai dengan nyeri, pembengkakan, dan kekakuan di pangkal ibu jari, penurunan kekuatan ketika mencubit dan menggenggam benda, penurunan rentang gerak, pembesaran dan pengurusan secara bersamaan pangkal ibu jari.


PENGOBATAN
Pada tahap ringan thumb arthritis masih bisa dilakukan perawatan dengan menggunakan splints untuk membatasi pergerakan ibu jari dan pergelangan tangan sehingga mengurangi rasa sakit, mendorong dan memberikan posisi yang tepat.
Untuk penggunaan obat dapat diberikan acetaminophen (Tylenol) untuk menghilangkan nyeri sendi. Obat NSAID (Non-steroid anti-inflammatory drugs) juga dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit di jempol dan pergelangan tangan. Operasi dapat dilakukan bila dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar