Kamis, 06 Januari 2011

Tips Tidur Nyenyak dengan Makanan

Apa yang Anda makan memiliki pengaruh besar pada kualitas tidur Anda. Oleh sebab itu cobalah beberapa makanan bergizi di bawah ini agar kualitas tidur Anda lebih baik.

1. Keju
Keju merupakan sumber protein yang sempurna sebelum tidur karena mengandung protein kasein yang lambat dicerna, kemudian akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot selama berjam-jam setelahnya.

2. Havermut
Kebanyakan orang berpikir oatmeal atau havermut tepat dimakan untuk sarapan saja, padahal havermut mengandung karbohidrat kompleks yang dapat menyebabkan pelepasan serotonin (hormon yang mengurangi stres dan menenangkan pikiran) dalam tubuh.

Havermut juga lambat dicerna sehingga Anda tak akan terbangun dengan rasa lapar tengah malam. Havermut dengan potongan apel, kayu manis dan siraman susu rendah lemak dapat jadi alternatif makan malam Anda kini.

3. Kacang atau selai kacang
Jika sulit tidur cobalah konsumsi kacang tanah, mereka mengandung niacin yang merupakan nutrisi yang membantu untuk meningkatkan pelepasan serotonin pada sistem tubuh.

Walau kacang mengandung lemak tak jenuh yang lumayan tinggi, jagalah porsinya. Untuk amannya buatlah roti gandum dengan selai kacang tipis-tipis.

4. Susu hangat
Alasan di balik baiknya susu hangat sebelum tidur karena fakta yang menyebutkan kalau susu mengandung asam amino triptofan, dan bagi kebanyakan orang, dapat memberikan efek menenangkan dan santai.

Selain itu, susu juga menawarkan asupan kalsium yang baik, yang bekerja di otak untuk membantu mengatur produksi melatonin, yang merupakan zat yang secara alami akan mengontrol siklus bangun-tidur Anda. Tambahkan satu sendok teh madu pada susu hangat Anda bila ingin rasa lebih manis.

5. Anggur
Anggur adalah buah yang ditemukan mengandung hormon melatonin yang mengatur tidur, jadi dengan mengonsumsi mereka secara teratur untuk diet Anda, Anda dapat membantu meningkatkan siklus bangun-tidur secara alami dalam tubuh. Konsumsi anggur bahkan memungkinkan Anda untuk bisa tidur lebih cepat setiap malam.

Campurkan beberapa buah anggur dengan semangkuk yougurt, camilan sehat sebelum tidur pun Anda dapatkan. (fen)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar