Rabu, 15 Desember 2010

Penyakit Bisul

BisulDEFINISI
Bisul adalah nanah yang terakumulasi di sebuah rongga pada jaringan tubuh.


GEJALA
Gejalanya sangat bervariasi. Mulai dari yang paling ringan berupa benjolan kecil berwarna merah hingga benjolan yang ukurannya sangat besar, berwarna merah, ada bintik putih yang kerap disebut “mata bisul”. Seringkali benjolan bisul tumbuh disertai dengan nyeri pada daerah pembengkakkan dan demam.


PENYEBAB
Bisul disebabkan oleh kuman Staphylococcus aureus. Infeksi kuman ini akan menimbulkan peradangan. Makin parah infeksi, makin parah pula peradangannya.

Banyak hal yang membuat kuman Staphylococcus aureus hinggap di tubuh. Diantaranya faktor kebersihan, kebersihan baik lingkungan maupun individu. Faktor lain adalah menurunnya daya tahan tubuh sehingga mudah terserang infeksi kuman. Biasanya faktor penyebab merupakan kombinasi antara kebersihan yang kurang, daya tahan tubuh menurun, serta asupan makanan yang tidak seimbang.

Karena berkaitan dengan faktor makanan, banyak orang yang beranggapan jika bisul disebabkan akibat terlalu banyak makan telur. Sebagian lain menganggap bisul merupakan proses tubuh untuk mengeluarkan darah kotor. Semua anggapan tersebut tidaklah benar.


PENANGANAN
Bisul sebaiknya ditangangi sejak masih kecil. Jangan tunggu hingga bisul membesar atau "matang" karena bisa menimbulkan gejala yang lebih parah dan kerusakan jaringan yang bisa menimbulkan bekas di kulit.

Bisul kecil bisa diobati dengan dengan salep antibiotik. Jika terlanjur membesar dan bernanah, jangan dipencet sendiri. Sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan optimal. Biasanya dokter akan melakukan mengeluarkan nanah tersebut melalui proses pengirisan. Dengan demikian kulit bisa sembuh sempurna tanpa cacat berupa jaringan parut. Obat antibiotik, antidemam, dan antinyeri juga bisa diberikan sebagai penunjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar