Jumat, 17 Desember 2010

Penyakit Cacar Air (Chicken Pox)

Penyakit Cacar Air (Chicken Pox)DEFINISI
Penyakit cacar air atau chicken pox biasa menyerang anak-anak. Cacar air disebabkan oleh virus varisella zoster dan termasuk penyakit yang mudah menular. Terutama anak atau orang dewasa yang belum pernah diberi vaksin cacar air sehingga tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Pada tubuh penderita akan tumbuh bintil-bintil kecil berisi cairan. Bintil-bintil ini akan membuat si penderita merasa gatal di sekujur badan yang ditumbuhi bintil.


GEJALA
Gejala biasanya baru tampak setelah beberapa hari setelah terinfeksi. Biasanya penderita akan mengeluh sakit kepala, perut tidak enak, demam, dan meriang. Terdapat tanda berwarna merah seperti digigit serangga di kulit, serta tumbuh bintil berisi cairan.


PENANGANAN
Dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik dan obat penurun demam pada penderita cacar air. Penyakit ini biasanya akan sembuh dalam jangka waktu lima hingga tujuh hari. Tujuan lain penanganan adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi seperti peradangan pada sendi, hati, ataupun jantung. Kebersihan lingkungan di sekitar pasien turut membantu proses penyembuhan dan mencegah terjadinya komplikasi lanjutan.

Penderita cacar air sebaiknya tidak menggaruk bintil kecil tersebut meski rasanya gatal. Jika bintil tersebut pecah, luka akibat garukan tersebut bisadimasuki oleh kuman lain hingga terjadi infeksi lanjutan dan memperlambat proses penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar