Jumat, 10 Desember 2010

Penyakit Toksoplasma

DEFINISI
Toksoplasma adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit toksoplasma gondii dan menyebabkan gejala seperti sakit flu. Penyakit ini biasanya menyerang wanita yang sedang hamil.


PENYEBAB
Penyebab utama penyakit ini adalah parasit toksoplasma gondii. Parasit ini biasanya tinggal dalam tubuh kucing yang makan daging atau hewan yang telah terinfeksi. Selama ini bulu atau kotoran kucing dianggap sebagai satu-satunya media penyebaran penyakit toksoplasma, padahal toksoplasma juga terdapat pada bahan makanan seperti daging setengah matang, telur setengah matang, buah-buahan atau sayur-sayuran yang sudah tercemar tinja hewan yang mengandung parasit toksoplasma.


GEJALA
Gejala toksoplasma hampir menyerupai gejala flu ringan, seperti sakit kepala, agak demam, lemas hingga gangguan kulit dan bengkak pada kelenjar getah bening. Tapi kebanyakan orang tidak merasakan adanya gejala-gejala walaupun sudah terinfeksi.

Untuk ibu hamil yang sudah terinfeksi toksoplasma sebelumnya dapat menyebabkan bayi lahir mati atau keguguran.


PENGOBATAN
Toksoplasma dapat diobati dengan pemberian obat antimalaria seperti Pyrimethamine (Daraprim), tetapi obat ini dapat mencegah tubuh anda melakukan penyerapan vitamin B sehingga harus dibarengi dengan pemberian asam folat. Antibiotik sulfadiazin dikombinasikan dengan pyrimethamine juga dapat membantu penyembuhan toksoplasma.

Untuk ibu hamil pyrimethamine dan sulfadiazin dapat digunakan, tetapi memiliki efek samping sehiingga hanya boleh digunakan pada waktu yang sangat diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar