Kamis, 13 Januari 2011

Pencabutan Gigi

Pencabutan gigi adalah cara termudah dan terbaik untuk menghilangkan sakit gigi. Seperti namanya, pencabutan gigi adalah menghilangkan gigi. Jika syaraf gigi telah mati atau gigi telah terinfeksi sangat parah, pencabutan adalah satu-satunya cara. Tergantung gigi, pencabutan gigi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana ataupun pencabutan yang rumit.


Pencabutan Gigi Sederhana

Pencabutan jenis sederhana adalah pencabutan yang paling umum dalam dunia kedokteran gigi. Prosedur ini dilakukan dengan cara, gigi dicabut dengan melonggarkan gusi di sekitar gigi yang dicabut. Dokter menggunakan tang untuk memegang gigi kemudian menggerakkan ke sisi-sisi sampai gigi terbebas dari gusi sekitarnya.

Gigi tertancap ke tulang dengan jaringan lunak yang tipis. Jaringan lunak ini disebut sebagai periodontal ligament. Dokter gigi menggunakan jaringan ini untuk mencabut gigi. Seperti yang anda ketahui, cara mencabut gigi adalah dengan menarik dan menggoyang-goyang gigi dari samping ke samping, yang mana hal ini akan melonggarkan rongga di tulang dan memecah ligamen yang memegang gigi.

Pencabutan sederhana, atau penarikan gigi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Dokter gigi akan membius anda terlebih dahulu, sehingga anda tidak akan merasakan apa-apa. Tergantung dengan gigi, proses penarikan normalnya hanya butuh beberapa menit setelah anda dibius dengan menggunakan bius lokal. Setelah selesai, dokter gigi akan menempatkan bundaran kapas di bekas gigi yang dicabut untuk anda gigit dan anda bisa segera pulang.

Pencabutan Gigi Rumit

Namun tidak semua gigi bisa kita cabut. Kadang-kadang gigi sudah sangat busuk atau sudah pecah, sehingga tidak ada gigi yang tersisa diatas garis gusi yang bisa dibuat dokter sebagai pegangan. Dalam kasus seperti ini, dokter akan melakukan pencabutan rumit, dia akan membuat gigi yang tertanam didalam gusi muncul ke permukaan, sehingga dia bisa melakukan metode standar dengan menarik dan dan menggoyang-goyang gigi.

Dalam pencabutan jenis ini, dokter akan membuat sayatan di gusi yang berada di sekeliling gigi dan membuka jaringan yang telah disayat sehingga membuat tulang gigi terlihat. Saat tulang telah terlihat maka akan terdapat gigi yang bisa dibuat pegangan oleh dokter gigi untuk dicabut dengan menggunakan metode penarikan. Dalam banyak kasus, gigi masih melekat ke tulang, ini berarti dokter gigi tidak dapat menarik keluar gigi.

Dengan gigi yang masih melekat di tulang, dokter gigi perlu menggunakan sebuah bor untuk memecah tulang gigi. Ini disebut dengan memotong gigi, hal ini adalah hal yang umum terjadi pada gigi terjepit atau gigi yang berlubang parah. Saat dokter sudah bisa mencabut gigi bermasalah tersebut, dia akan menjahit kembali gusi yang disayat tadi. Lubang dan sayatan tadi akan segera sembuh dengan sendiri.

Pencabutan gigi adalah umum dan dilakukan setiap hari oleh dokter gigi. Ahli bedah mulut merupakan yang terbaik untuk melakukan pencabutan, karena dia spesialis dalam bidang itu. Semua jenis pencabutan, dari yang sederhana hingga rumit, butuh waktu untuk sembuh. Selama anda merawat bekas cabutan, anda akan terhindar dari masalah seperti rongga gigi kering dan masalah lain. Walaupun kadang setelah pencabutan selesai anda akan merasakan sakit, namun anda akan merasakan perasaan yang lebih baik karena gigi yang bermasalah telah dicabut. dan dilakukan setiap hari oleh dokter gigi.


Sumber:
http://doktermu.com/perawatan-mulut-dan-gigi/436-pencabutan-gigi

Artikel terkait:
Penyakit Mulut dan Gigi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar