Senin, 25 Juli 2011

Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan.  Sariawan memang bukan penyakit yang serius dan mengancam jiwa, tapi kondisi ini sangatlah mengganggu dan menjengkel karena menyulitkan untuk makan dan berbicara. Ada beberapa cara mudah untuk mengobati sariawan.  Sariawan atau dikenal dengan sebutan stomatitis adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut.  Hal ini bisa disebabkan dari beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau asam.  Daerah yang bisa terkena sariawan termasuk pipi, gusi, lidah, bibir serta langit-langit mulut. Selain itu sariawan juga bisa menyebabkan perdarahan, bengkak serta warna yang memerah.  Dalam beberapa kasus, bahan-bahan yang ada di rumah bisa menjadi cara mudah untuk mengobati sariawan, seperti dilansir Mayoclinic dan Ehow, Senin (4/4/2011), yaitu:

Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan
1. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

2. Minum yogurt
Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

3. Bilas mulut dengan obat tradisional
Bilas mulut dengan salah satu dari beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.

4. Oleskan luka dengan bawang dan pepaya
Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

5. Coba baking soda
Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

6. Minum vitamin
Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.

Bila sariawan tak kunjung sembuh hingga 2 minggu atau lebih, maka sebaiknya temui dokter. Ini adalah tanda kondisi yang lebih serius yang perlu ditangani.

7.  Mengobati Sariawan Dengan Lem Lebah
Kini ilmuwan telah mengembangkan lem lebah untuk mengobati sariawan yang parah.

Ilmuwan di Inggris telah menciptakan obat gel untuk mengobati luka di mulut yang menyakitkan atau sariawan, dengan menggunakan campuran resin dan lilin yang digunakan lebah madu untuk mensterilkan sarangnya.

Meskipun sifat penyembuhan dari lem lebah (propolis) sudah dikenal selama bertahun-tahun, tetapi belum banyak orang yang memanfaatkannya. Hal ini karena zat lengket ini tidak larut dalam air dan memiliki bau yang menyengat.

Sekarang peneliti di University of Bradford telah menemukan cara untuk memurnikan propolis menjadi campuran obat yang akan larut dalam air dan juga tidak berbau.

Teknik ini sudah mengarah ke pengembangan gel baru untuk sariawan dan membuka pintu untuk berbagai obat-obatan lainnya.

"Propolis adalah campuran kimia yang kompleks dan produk alami yang sangat berguna," ujar pemimpin penelitian Profesor Anant Paradkar, seperti dilansir Dailymail, Jumat (19/11/2010).

Prof Paradkar menjelaskan bahwa propolis telah terbukti menjadi anti mikroba, anti jamur, antioksidan yang kuat, non-alergenik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan memiliki sifat anestesi.

"Selama ini yang menjadi sandungan terbesar pemanfaatan propolis adalah masalah kelarutan dan bau. Tapi penelitian yang kami lakukan sudah dapat mengatasi hal tersebut," sambung Prof Paradkar.

Tim Profesor Paradkar telah mengembangkan teknik baru untuk memurnikan propolis bekerjasama dengan produsen obat alami, Nature's Laboratory.

Bersama-sama mereka telah menciptakan gel sariawan baru yang berbasis propolis, yang juga dapat digunakan sebagai anti mikroba, anti jamur dan anestesi yang lebih baik daripada yang sudah ada di pasaran. Gel ini juga aman digunakan pasa anak-anak.

"Masalah pada gel mulut biasanya adalah adhesi pada membran di dalam kulit yang sulit. Karena sifat permukaan ini, gel biasanya langsung akan 'meluncur'," jelas Prof Paradkar.

Oleh karena itu, lanjut Prof Paradkar, propolis yang lengket dan bahkan larut dalam air tetap dapat digunakan di dalam mulut dan membuatnya menempel dengan lebih efektif.
Sumber: thinkstock, detikhealth.com


Semoga Artikel Tentang Kesehatan - Cara Mengobati Sariawan ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar