Rabu, 27 Juli 2011

Tidur Siang untuk Mencegah Penyakit Jantung

Tidur Siang untuk Mencegah Penyakit Jantung.  Ketika masih anak-anak, ayah dan juga ibu selalu membiasakan Kita untuk selalu tidur siang.  Namun setelah kita beranjak dewasa, kegiatan dan kebiasaan tidur siang mulai terlupakan hal ini disebabkan berbagai hal dan biasanya karena tuntutan pekerjaan yang membuat kita tidak sempat tidur siang.  Namun tahukah Anda bahwa tidur siang dapat menyeimbangkan tekanan darah dan dapat membuat jantung Anda menjadi sehat.

Didasarkan dari penelitian pada tahun 2008 jika Anda dapat menyisihkan waktu sejenak untuk bisa tidur di siang hari selama 45 menit dapat meningkatkan fungsi memori, menurunkan tekanan darah dan juga dapat meredakan stress.  

Penelitian lain yang juga berhubungan dengan Tidur Siang juga dilakukan oleh Universitas Allegheny di Pennsylvania, Amerika Serikat. yang menyatakan bahwa Tidur siang dapat meredakan kelelahan otak dan fisik akibat bekerja.  Selain itu Tidur siang juga dapat mengurangi stres sehingga tekanan darah menjadi lebih seimbang.   Kelelahan akibat bekerja tentunya juga membuat jantung harus bekerja keras.

Tidur Siang untuk Mencegah Penyakit JantungPeneliti Ryan Brindle dan Sarah Conklin melibatkan 85 orang relawan dalam penelitian. Relawan dibagi dalam dua kelompok. Satu di antaranya rutin tidur siang selama 60 menit. Sisanya tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Peneliti lalu memeriksa tekanan darah dan interval denyut nadi.  Ternyata kelompok yang tidur siang memiliki keuntungan pada jantungnya.

Tingkat stress kedua kelompok memang tidak terpaut perbedaan yang besar. Tidur siang juga tak membantu menurunkan stress secara drastis. Namun, dibandingkan dengan yang tidak tidur siang, tekanan darah dan interval denyut nadi mereka yang tidur siang, lebih stabil.

"Dari hasil penelitian ini kami sangat menganjurkan tidur siang demi kesehatan jantung, menurut prediksi kami, tidur siang juga membantu meringankan beban stres dan pekerjaan. Memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang hal ini, namun problem kesehatan jantung dan penyakit lain berawal dari kualitas tidur yang kurang baik," tutup Brindle dan Conklin.

Namun, Jika Anda adalah penderita gangguan tidur seperti imsomnia.  Tidur siang tersebut justru akan kontraproduktif. "Tidur siang, bahkan hanya sebentar bisa mengurangi rasa kantuk di siang hari," Ralp Downey III, Phd, direktur Sleep Disorders Center.

Beliau juga menambahkan, bahwa tidur siang akan efektif untuk orang-orang yang menderita gangguan tidur temporer, contohnya karena sedang menderita penyakit tertentu atau insomnia akibat jet lag.

Pada anak-anak, tambahan jam tidur di siang hari biasanya tidak mutlak diperlukan jika ia sudah berusia 3 tahun ke atas. Anak-anak memerlukan tidur siang jika kebutuhan tidurnya di malam hari tidak terpenuhi. Selain itu, anak yang terlihat rewel di malam hari karena kelelahan sebaiknya dijadwalkan untuk tidur siang.

Sumber: www.metrotvnews.com, health.kompas.com

Semoga Artikel Kesehatan - Tidur Siang untuk Mencegah Penyakit Jantung ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar