Senin, 26 Desember 2011

Kebiasaan Sehat: Cukup Istirahat

Michael Fleming, MD, pemimpin dari American Academy of Family Physicians (AAFP), "Tubuh manusia mutlak dan harus perlu istirahat dengan jumlah waktu yang cukup," Dan jika tidak mendapatkan cukup istirahat, anda mungkin mungkin merasakan pada diri anda perasaan kelelahan dan perasaan sakit.

Hal seperti di atas bagi anda mungkin nampak seperti perasaan biasa, tetapi menurut sebuah organisasi di Amerika yang dikenal dengan National Sleep Foundation (NSF), ada lebih dari dua pertiga orang dewasa yang menderita penyakit atau masalah yang berkaitan dengan istirahat/tidur dan banyak penduduk remaja di Amerika tidak memperoleh jumlah minimum untuk menutup mata (tidur) yang diperlukan untuk tetap siaga. 

Kebutuhan istirahat (tidur) adalah penting untuk kesehatan, baik kesehatan/kesejahteraan mental dan emosional. Dari hasil studi penelitian yang dilakukan oleh NSF melaporkan bahwa orang yang tidak mendapatkan jumlah waktu yang cukup untuk tidur nyenyak akan lebih cenderung mengalami atau berkembang gangguan atau masalah psikiatris dan lebih mungkin sering pergi ke tempat pelayanan kesehatan untuk berobat dan tentunya akan berakibat pada pengeluaran material yang banyak.

Lebih berbahaya lagi, apabila anda mengalami yang namanya “Perampasan Tidur”, misalnya ketika anda sudah merasa sangat lelah dan sudah mengantuk tetapi mata anda tetap terjada dan tidak anda istirahatkan, hal ini bisa berpengaruh negatif pada memori/daya ingat, proses belajar, dan pemikiran yang logis. 

Tidak Cukup tidur bisa juga berakibat sangat berbahaya. 
Menurut hasil penelitian melalui pemungutan suara yang dilakukan oleh NSF, setengah lebih dari jumlah pengemudi dewasa di amerika yang menjadi subyek penelitian, -- sekitar 100 juta orang—mengatakan bahwa mereka pernah mengantuk ketika mengemudi pada tahun kemaren. Sekitar seperlima dari para pengemudi yang menjadi subyek penelitian -- 32 juta orang—mengatakan bahwa mereka tertidur ketika sedang mengemudi. 

Hasil studi dari the National Highway Traffic Safety Administration, melaporkan bahwa setiap tahunnya terjadi lebih dari 100,000 mobil hancur, 1,500 kematian, dan sepuluh ribu kasus mengalami luka yang diakibatkan kecelakaan. 

Organisasi NSF merekomendasikan apabila kita merasa mengantuk, untuk berhenti mengemudi dan beristirahat dengan tidur 15 sampai 20 menit. Karena perlu waktu sekitar 30 menit untuk membuat kafein bekerja, oleh sebab itu tidurlah sebentar selagi menunggu kafein memberikan anda sumbangan bantuan untuk mengembalikan kesiagaan anda. 

Untuk menghindari perangkap yang bisa menyebabkan and tidak mendapatkan cukup tidur, pastikan agar anda beristirahat tidur sedikitnya 7 sampai 10 jam tidur dengan kualitas tidur nyenyak setiap malamnya. Pada anak-anak memerlukan waktu istirahat tidur yang lebih banyak, tergantung pada usia mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar