Sabtu, 16 Mei 2009

Diabetes Pada Anak-Anak

Juvenile Diabetes
Diabetes yang terjadi pada anak-anak dikenal sebagai juvenile diabetes, tetapi juga sering disebut sebagai diabetes type 1. Karena jenis diabetes yang sering terjadi pada anak-anak dibawah umur 16 tahun adalah diabetes type 1, dengan jumlah kasus sekitar 90% - 95%. Juvenile diabetes disebabkan oleh ketidak-mampuan pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Merupakan penyakit autoimmune, yang berarti sistem pertahanan tubuh menyerang organ/ bagian tubuh yang lain.

Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, kasus juvenile diabetes meningkat 3 kali lipat. Dan di Eropa dan Amerika Serikat, kini muncul kasus diabetes type 2 pada anak-anak untuk pertama kalinya. Penyebabnya diperkirakan karena faktor genetika dan faktor lingkungan. Tetapi mayoritas penderita tidak mempunyai sejarah keluarga dengan diabetes.

Gejala juvenile diabetes sama seperti diabetes pada orang dewasa, yaitu mudah merasa lapar dan haus, penurunan berat badan secara drastis, mudah lelah, peningkatan jumlah urin, dan gejala diabetes pada anak-anak dapat juga ditandai dengan sering sakit perut, sakit kepala dan permasalahan perilaku. Para tenaga medis perlu mempertimbangkan kemungkinan juvenile diabetes pada anak yang merasa perut sakit tanpa penyebab yang jelas dalam beberapa minggu dan disertai dengan gejala yang khas.

Jika anda menemui gejala-gejala mirip juvenile diabetes pada anak anda, segeralah periksakan kesehatan anak anda pada dokter dan ceritakan gejala-gejala yang muncul pada anak anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar