Minggu, 28 Juni 2009

Lima Makanan Super Top dan Sehat Bagi Wanita (Semua Usia)

makanan sehat wanita
Cranberries

Cracnberries terkenal dengan status super karena kemampuan mereka dalam membantu menghindari, mengusir infeksi saluran kemih berat. Triknya adalah buat jus cranberries sekitar 10 ons per hari. Informasi tambahan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa cranberries juga bisa membantu menangkis flu dan melawan penyakit atau gangguan pada perut, penyakit pada gusi dan beberapa jenis kanker tertentu. Tambahkan sedikit jus cranberry yang tidak dimaniskan, dan taburkan beberapa buah berry kering ke dalam makanan cereal dan kue muffin (sejenis kue bolu).

Walnut

Walnut adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari India, berbentuk keriting, kaya akan omega-3s. Walnut membantu mengurangi inflamasi/peradangan dan meningkatkan kadar kolesterol baik ((HDL -high density lipoprotein) ) dalam tubuh. Walnut bahkan bisa membantu penderita depresi dan mengurangi resiko terjadinya penyakit Parkinson dan Alzheimer. Bubung salad anda dengan 1/4 cangkir atau cobalah dalam bentuk pesto (sejenis saus dari Italia yang biasanya dianggap sebagai makanan spesial atau khas daerah Liguria di Italia utara, khususnya kota Genoa).

Beans (kacang-kacangan -kacang polong, buncis)

Tanaman polong sederhana ini bisa mencegah penyakit jantung dan menolong mencegah kanker usus besar. Kaya akan Phytochemical, bean dikemas dengan magnesium, kalium, folate, dan serat. Anda sebaiknya mendapatkan 1/2 mangkok, 5 sampai 6 kali tiap minggunya dengan menambahkan kalengan ginjal hewan dan kacang putih (garbanzo-bilas dan dialirkan terlebih dulu) masukkan ke dalam selad, burritos, dan kuah.

Phytochemical adalah sekumpulan bahan bioaktif kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Bahan bioaktif kimia jenis ini terdapat pada buah-buahan dan sayuran segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap.

Phytochemical berguna dan ampuh mencegah proses penuaan dini, menangkal serangan beberapa penyakit , berkhasiat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung, darah tinggi, stroke, katarak, osteoporosis, infeksi saluran kemih/kencing, bahkan juga kanker.

Ikan/fish

Penelitian-penelitian yang sudah pernah dilakukan menunjukkan bahwa makanan/ikan laut yang kaya akan omega-3s sedikitnya 2 kali dalam satu minggu bisa mengurangi resiko dari serangan penyakit jantung. Dan penelitian itu juga mencatat bahwa wanita yang masih dalam usia subur (bisa beranak) dan perawatan ibu dapat dengan aman makan sampai 12 ons makanan hasil laut per minggunya apabila mereka menghindari ikan todak yang mengandung tinggi mercury, ikan hiu, ikan tilefish, dan ikan king mackerel; ikan tuna albacore sebaiknya dibatasi sampai 6 ons per minggunya.

Tomat atau Tomatoes

Kaya dengan antioxidant lycopene, tomat dan produk tomat yang dimasak berdampak besar pada takaran 32 miligram, 1 mangkok saus spageti dianjurkan dalam intake makanan per hari). Beberapa study menunjukkan bahwa pada wanita yang dalam dietnya kaya akan lycopene dapat menurunkan resiko mereka hingga sebesar 50 persen dari serangan kanker payu dara (breast cancer). Anti oksidan juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL- Low density lipoprotein), dan bahkan mengurangi resiko terserang degenerasi macular (macular degeneration) dan beberpa golongan besar kanker.

Lycopene termasuk jenis carotenoid dan pada buah tomat merupakan pewarna alami dalam buah tomat. Lycopene merupakan bahan anti oksidan yang paling efektif, keefektifannya 3,2 kali lebih daripada carotene. Lycopene memiliki vitamin E seratus kali lebih banyak.

Macular degeneration adalah suatu penyakit yang mana terjadi gangguan pada pusat ketajaman penglihatan(kabur). Hal ini bisa menjadi pemicu timbulnya kebutaan pada penderita setelah mereka berusia 60 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar