Kamis, 25 Juni 2009

Menemukan Rencana Olahraga Yang Tepat

Sebelum merencanakan program olahraga yang akan anda jalani, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Apa aktifitas atau olahraga yang anda suka, apa setting yang tepat , sendiri atau dengan teman/kelompok, budget, kondisi kebugaran tubuh, tujuan berolahraga merupakan hal-hal penting yang perlu anda tanyakan lebih awal sebelum berolahraga. Aturlah dengan curang dan cerdik dalam kehati-hatian anda-tanyakan pada diri anda beberapa pertanyaan berikut ini sebelum memulai berolahraga:

Apa yang anda suka untuk anda kerjakan? Apabila anda benci dengan aktifitas jogging, anda tidak akan bisa mempertahankan suatu program yang basicnya adalah dari jogging bagaiamanapun baik dan bermanfaatnya program olahraga ini untuk anda. Jangan berharap untuk merubah apa yang anda suka dan apa yang anda tidak suka, khususnya ketika awal memulai berolahraga.

Apa jenis pengaturan atau setting yang tepat untuk anda? Apakah anda memiliki kemudahan akses ke kolam renang? Jika jawaban anda tidak, berenang mungkin bukanlah pilihan yang baik dan tepat untuk anda. Begitu juga, apabila anda tinggal terutama pada cuaca yang panas atau dingin, beberapa aktifitas atau olahraga di luar ruangan mungkin tidak berkelanjutan untuk dilanjutkan. Disisi lain, apabila ada sebuah kelompok, perkumpulan atau jaringan seperti biking network dan jalan kecil untuk jogging didekat rumah atau kantor anda, rutinitas olahraga waktu makan siang mungkin menjadi hal yang layak anda lakukan.

Apakah anda suka berolahraga sendirian atau dengan orang lain? Kebanyakan orang mencari tempat berenang yang sepi atau berlari baik sekali untuk perenungan (contemplation). Sementara yang lainnya senang dan enjoy dengan motivasi dan dukungan dari kelompok aerobic class atau berjalan berombongan bersama teman-teman.

Seberapa banyak uang yang ingin anda habiskan? Anda perlu mempertimbangkan ongkos yang anda keluarkan terhadap faktor-faktor lainnya, seperti kesanggupan berolahraga indoor atau ikut berpartisipasi dalam suatu aktifitas-aktifitas tertentu. Banyak berbagai pilihan olahraga yang tersedia dengan berbagai range harga. Anda bisa mendapatkan jenis olahaga yang terbaik yang hampir tanpa biaya seperti dengan berjalan, berlari, atau hiking.

Satu set barbell rumah yang murah bisa menghasilkan hasil sama seperti keanggotaan atau membership pada sebuah klub fitness kesehatan. Akan tetapi, beberapa orang menganggap bahwa uang yang mereka keluarkan untuk bergabung dengan tempat olahraga (gymnasium) yang istimewa adalah sebuah motivating factor. Hanya anda sendiri yang mengetahui apa yang akan bekerja maksimal bagi anda pada beberapa kasus tertentu. Tapi hal itu mungkin memerlukan beberapa “trial and error” dalam memahaminya.

Seberapa tingkat kebugaran anda saat ini? Apabila anda untuk sementara ini tidak aktif bergerak, kondisi ini tidak layak, bukan berarti berbahaya, untuk mencoba dan berusaha berlari sejauh 5 mil pada hari pertama berolahraga. Salah satu cara tercepat merusak program olahraga adalah terjadinya suatu cedera. Suatu pendekatan yang lebih praktis adalah untuk memulainya dengan berjalan dan berusaha secara perlahan, pelan-pelan sampai pada intensitas dengan level yang lebih tinggi seiring dengan peningkatan tingkat kebugaran anda.

Pada umumnya, olahraga dengan intensitas ringan (moderate exercise) itu aman bagi semua orang. Apabila anda menderita penyakit kronis (chronic), konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter seputar keterbatasan-keterbasan fisik yang anda miliki dan dapatkan saran atau advice mengenai perencanaan olahraga selengkap-lengkapnya sesuai denga kebutuhan anda. Tergantung pada kondisi dan keadaan anda, dokter mungkin akan menyarankan untuk dilakukan suatu test yang disebut dengan “exercise stress test” atau ikut serta berpartisipasi dalam sebuah program rehabilitasi, jika diperlukan.

Apa tujuan olahraga anda? Meskipun olahraga aerobik menawarkan keuntungan-keuntungan hebat bagi kesehatan cardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), idealnya olahraga yang anda lakukan sebaiknya juga mengikutsertakan olahraga kekuatan, peregangan dan keseimbangan. Akan tetapi, anda mungkin perlu memfokuskan pada bagian yang utama, tergantung pada tujuan-tujuan anda. Misalnya, progam penurunan berat badan sebaiknya menekankan aktifitas-aktifitas aerobic yang membakar kalori. Jika fleksibilitas dan keseimbangan adalah perhatian utama anda, anda mungkin perlu menghabiskan lebih banyak waktu berpartisipasi yoga dan tai chi.

Sumber: Harvard Health Publications Special Health Report, Exercise: A Program You Can Live With.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar