Selasa, 23 Juni 2009

Olahraga Di Luar Ruangan: 5 Tips Handal Dalam Berlahraga Di Musim Panas

olahraga kebugaran kesehatan musim panasSalah satu hal terbaik tentang musim ini adalah bahwa dengan cuaca yang cerah dan lebih baik mendatangkan kesempatan bagi kita untuk bisa beralih dari berolahraga di dalam ruangan menjadi berolahraga di luar ruangan pada udara segar. Namun, disamping beralih dari dalam ruangan ke luar ruangan merupakan sebuah perubahan langkah yang sangat baik dalam meningkatakan mood, penting juga untuk mengingat bahwa berolahraga dengan panas terik matahari memerlukan beberapa tindakan pencegahan dan keselamatan exstra pada musim panas.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu tetap ada dalam pikiran anda ketika mempersiapkan aktifitas olahraga dengan cuaca yang hangat/panas di musim panas:
  1. Kenakan pakaian dengan kelonggaran yang pas agar kulit anda bisa bernafas, dan beri perhatian lebih pada tubuh anda apabila anda merasa kepanasan, perlambat sedikit aktiitas olahraga anda.

  2. Apabila anda berjalan atau berlari di luar ruangan, sebaiknya melakukannya pada pagi atau sore hari, dan jangan pernah berjalan-jalan atau berlari pada saat atau bagian cuaca terpanas pada hari itu. Anda sebaiknya juga mencoba berolahraga pada lingkungan atau tempat yang sejuk/teduh seperti pada rerumputan, terdapat pepohonan rindang, jalan bertanah atau jalan trotoar/beraspal yang berwarna terang (light-colored pavement).

  3. Gunakan juga sunscreen pada kulit anda yang terbuka (sebagai pelindung dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya)! Tambahkan suatu waterproof (bahan anti air), sehingga anda tidak mengeluarkan semua keringat yang sudah anda oelskan senscreen yang mengandung SPF protection (sun protection factor-faktor pelindung matahari).

  4. Lakukan berbagai variasi olahraga atau mengganti dengan aktifitas olahraga baru seperti hiking, canoeing/kano(perahu lesung), biking, or rollerblading(ombak besar). Hal ini akan membuat aktifitas olahraga outside anda tidak membosankan dan selalu bervariasi. Berenang adalah sebuah olahraga musim panas yang fantastic untuk anda lakukan. Berenang akan menjaga anda tetap sejuk dan menyegarkan serta membakar kalori anda.

  5. Hal yang paling penting adalah, “stay Hydrated” dengan cara minum air sebelum, selama dan setelah berolahraga dengan cukup agar anda tidak mengalami dehdrasi atau kurang cairan karena pengeluaran keringat selama berolahraga.
Pada saat anda mempertahankan aktifitas anda tetap sehat, berolahraga di luar ruangan adalah sebuah cara yang luar biasa dalam memanfaatkan cuaca yang indah di musim panas. Oleh sebab itu pergilah ke luar ruangan, berolahraga dan tersenyumlah. Ini adalah musim panas!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar