Jumat, 26 Juni 2009

Tai Chi: Pusat Membangun Kebugaran Tubuh

Salah satu tempat membangun kebugaran tubuh adalah Tai Chi Fitness Center. Mengapa tai chi merupakan tempat Fitness center? Tai chi dikembangkan di China lebih dari 700 tahun yang lalu, tai chi berkembang dari prinsip-prinsip yang disebut dengan Taoist principle yang menyeimbangkan kekuatan hidup, disebut tai chi, bertanggung jawab bagi kesehatan yang baik. Kedisiplinan mencakup rangkaian gerakan-gerakan slow, lemah lembut yang memerlukan konsentrasi yang tidak terputus-putus ketika melakukannya.

Tujuannya adalah untuk menguatkan, menyegarkan energi chi yang dimiliki tubuh dengan mempertahankan keaktifan otot-otot, tapi tetap dengan santai, tenang dan pikiran tetap siaga, namun tenang.

Karena tai chi membangun kekuatan dan flexibility atau fleksibilitan/ kelenturan, oleh sebab itu tai chi dapat meningkatakn, memperbaiki postur dan keseimbangan.

Berdasarkan pada sebuah laporan dari para peneliti di Harvard's Spaulding Rehabilitation Hospital menemukan bahwa dengan 12 minggu penambahan keseimbangan tai chi, kekuatan kaki, dan fleksibilitas secara signifikan lebih kuat dan fleksibel dari apa yang dilakukan oleh jalan cepat atau santai yang menetap pada wanita yang tidak aktif dimasa lalunya pada usia 70 tahunan.

Sebuah penelitian pada Journal of the American Geriatrics Society melaporkan bahwa pada orang-orang yang berpartisipasi dengan program tai chi selama 15 minggu terjadi penurunan resiko terjatuh sekitar 50 % diantara orang-orang dengan usia agak tua.

Beberapa penelitian juga menyarankan bahwa program tai chi yang dijalankan dan dipertahankan selama sedikitnya 1 tahun dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah (heart and blood vessel function).













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar