Sabtu, 20 Juni 2009

Olahraga: Siapkah Anda Melakukannya?

Meskipun beresiko, semua orang bisa memperoleh manfaat dan keuntungan dari beberapa tingkatan olahraga. Berjalan-jalan ringan (100 langkah per menit) mungkin sangat aman bagi hampir semua orang. Meskipun demikian, merupakan sebuah ide/gagasan yang baik untuk bertanya terlebih dulu kepada diri anda beberapa pertanyaan berikut sebelum memulai program olahraga baru yang akan anda lakukan secara teratur sebagai bagian dari hidup anda yang menyenangkan untuk dilakukan, terutama jika anda berencana melakukan aktifitas olahraga yang memerlukan banyak tenaga.

Berikut ini daftar pertanyaan yang perlu anda tanyakan pada diri anda:
  1. Apakah anda adalah seorang laki-laki dengan usia lebih dari 45 tahun atau seorang wanita dengan usia lebih dari 55 tahun yang sebelumnya tidak aktif secara fisik?
  2. Apakah anda mengalami nyeri dada pada bulan-bulan yang lalu?
  3. Apakah anda sudah pernah mengalami nyeri atau tekanan pada dada selama atau setelah atau saat berolahraga?
  4. Apakah anda pernah kehilangan kesadaran atau jatuh karena pusing?
  5. Apakah anda mengalami sesak nafas hanya karena berolahraga ringan?
  6. Apakah dokter pernah mengatakan kepada anda, bahwa anda memiliki masalah/gangguan/penyakit jantung, baca juga hubungan penyakit jantung dan olahraga?
  7. Apakah anda pernah menderita serangan jantung atau stroke?
  8. Apakah dokter pernah mengatakan kepada anda, bahwa anda hanya dapat melakukan aktivitas fisik dengan pengawasan/supervisi secara medis?
  9. Apakah anda secara teratur minum obat tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, atau masalah/gangguan/penyakit jantung?
  10. Apakah anda dicurigai, diduga, suspect atau mempunyai masalah atau gangguan pada otot, sendi, tulang yang mungkin bertambah berat dikarenakan program olahraga yang anda lakukan?
  11. Apakah anda mengkonsumsi insulin atau obat lain guna pengobatan diabetes/kencing manis?
  12. Apakah anda mempunyai kondisi atau masalah kesehatan lain yang tidak disebutkan di sini yang mungkin akan bertentangan atau mengganggu program olahraga yang dilakukan?
Jika jawaban anda adalah “ya” untuk satu atau lebih dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, segera checkup ke dokter untuk pemeriksaan. Anda mungkin memerlukan test dan pemeriksaan fisik yang lebih mendalam dan mungkin juga sebuah test atau pemeriksaan stress olahraga (exercise stress test), sebelum anda memulai program olahraga. Berdasarkan hasil checkup, test dan pemeriksaan tersebut, dokter akan memberitahukan kepada anda apa jenis dan tipe program olahraga yang aman dan tepat untuk anda.

Sumber: the Harvard Health Publications Special Health Report, Exercise: A Program You Can Live With.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar