Selasa, 30 Juni 2009

Petunjuk Dalam Membeli Obat Bebas

Obat Bebas
Obat bebas adalah obat yang dapat dibeli secara bebas di apotik atau toko obat, dan tidak membutuhkan resep dari dokter. Obat bebas cukup aman dikonsumsi bila mengikuti petunjuk dan aturan pakai dan dosis yang tercantum dalam kemasan obat. Ketika membeli obat bebas, pastikan juga apakah obat tersebut benar-benar obat bebas yang aman, dan bukan obat yang membutuhkan resep dari dokter.

Sesuaikan obat yang akan dikonsumsi dengan penyakit yang diderita. Misalnya, saat batuk, perhatikan apakah batuk tersebut termasuk jenis batuk kering atau batuk berdahak. Batuk kering biasanya disebabkan karena adanya iritasi. Sedangkan batuk berdahak karena akibat adanya virus atau bakteri sehingga tubuh menghasilkan lendir sebagai mekanisme pertahanan tubuh.

Atau bila menderita flu, dapat dideteksi apakah flu disebabkan virus atau bakteri. Flu yang disebabkan virus biasanya mengeluarkan cairan encer yang sebenarnya bisa disembuhkan tanpa perlu mengkonsumsi obat, dengan cukup beristirahat, minum banyak air, dan makan makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin khususnya vitamin C. Sebaliknya, bila cairan kental berarti flu disebabkan oleh bakteri yang perlu diatasi dengan mengkonsumsi obat atau pergi ke dokter untuk mendapatkan antibiotik.

Perlu diketahui juga apa kandungan yang terdapat dalam obat bebas dan pastikan juga kita tidak alergi terhadap kandungan yang ada dalam obat tersebut. Hindari mengkonsumsi kandungan tertentu dalam obat dengan dosis dua kali lipat atau lebih. Hal ini dimungkinkan apabila seseorang mengkonsumsi obat flu dan obat sakit kepala bersamaan sehingga kandungan parasetamol yang terdapat dalam kedua obat tersebut masuk ke tubuh dengan dosis ganda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar