Selasa, 14 Juli 2009

Catatan Khusus Tentang BMI (Body Mass Index)

Penghitungan massa BMI tiap permukaan.

Untuk menghitung atau mengkalkulasikan ukuran permukaan akan dilipatgandakan dengan ukuran itu sendiri. Body mass index hanyalah sebuah angka. Arti tegas BMI dikleuarkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) (yang bisa anda lihat pada artikel sebelumnya) tidak memperhatikan faktor usia dan faktor-faktor lainnya. Para olahragawan akan dapat dengan sangat cepat mencapai BMI di atas 25 dan dinyatakan overweight, jika percaya penilaian BMI.

Di bawah ini adalah 2 gambar bentuk tubuh pria dengan BMI indeks yang sama. Pada bentuk tubuh bagian kiri mempunyai massa otot yang lebih banyak, sedangkan pada bentuk tubuh bagian kanan mempunyai lebih banyak massa lemak. Dalam hal ini nilai BMI tersebut tidak menginformasikan tentang kebugaran dari pria tersebut.
Anak-Anak

Arti nilai BMI bagi anak-anak adalah sebuah kalkulasi atau penghitungan statistik sederhana. Tidak ada alasan nyata untuk kasus seperti diatas, kecuali penanganan yang lebih sederhana bagi para ilmuwan. Untuk anak yang lebih kecil, BMI sebaiknya tidak digunakan.

Kesimpulan

Kesehatan seseorang seharusnya tidak diperiksa atau dilihat dengan sederhana hanya dengan pemeriksaan BMI. Jika seorang tukang daging akan mengkalkulasikan lemak yang ada pada seekor babi dengan BMI, maka dia akan kehilangan lisensinya. Masalah kesehatan yang sesungguhnya adalah lemak yang ada di dalam (visceral fat). Tapi BMI tidak memperhitungkan hal ini. Ketika seseorang mempunyai nilai BMI lebih dari 40, itu memastikan bahwa seseorang tersebut dalam status overweight dan dia akan berpotensi mempunyai beberapa masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar