Sabtu, 05 September 2009

Mengapa kita Gosok Gigi? Apa Jenis Sikat Gigi yang Terbaik?

Menggosok gigi adalah salah satu dari cara yang paling efektif untuk menghilangkan plaque yang ada pada permukaan gigi yang selalu kontak dengan makanan. Plaque atau plak menjadi momok bagi kesehatan mulut kita. Plaque adalah substansi yang lembut dan liat/ lengket yang bisa melekat dan terbentuk pada semua bagian dari gigi.

Plaque mengandung bakteri, hasil dari perlawanan bakteria dan ludah anda. Bakteria plaque memberdayakan gula dan sumber-sumber karbohidrat lain untuk memperbesar dirinya dan membentuk asam-asam dan bisa menimbulkan rongga atau lubang pada gigi.

Apa jenis sikat gigi yang paling baik yang bisa anda gunakan?

Berlawanan dengan apa yang mungkin anda pikirkan, penyikatan gigi dengan lemah lembut dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu halus dan tegak sama efektifnya (dan kurang/tidak merusak) daripada menggosok gigi dengan kuat menggunakan sikat gigi yang berbulu kaku/keras.

Email gigi anda secara relatif tipis. Seiring waktu, bertahun-tahun penyikatan secara agresif dapat memulai menipiskan email gigi anda yang relarif tipis dan membuat gigi menjadi sensitif. Ingatlah, email gigi pada gigi anda tidak berisi serat-serat saraf, tapi lapisan dentin (tulang gigi) berada dibawahnya. Menggosok/menyikat gigi terlalu keras dapat merusak gusi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar