Minggu, 17 Januari 2010

Lemak Sekitar Pinggul Ternyata Menyehatkan Jantung

Lemak Sekitar Pinggul
Para Ilmuwan Inggris mengatakan bahwa lemak di pinggul, pantat, dan paha, baik untuk kesehatan karena mampu melindungi jantung dan mencegah masalah metabolisme tubuh. Lemak pada daerah pinggul mampu menghilangkan asam lemak berbahaya, dan juga mengandung agen anti-inflamasi yang mampu mencegah penyumbatan arteri. Lemak tersebut lebih baik daripada lemak pada daerah pinggang yang tidak memberikan perlindungan pada kesehatan tubuh.

Para peneliti mengatakan memiliki terlalu sedikit lemak di sekitar pinggul dapat menyebabkan masalah metabolisme yang serius, seperti yang terjadi pada Sindrom Cushing. Ilmu Pengetahuan di masa depan diharapkan dapat menemukan cara untuk mendistribusikan lemak tubuh ke daerah pinggul untuk melindungi jantung dan penyakit metabolik seperti diabetes.

Bukti penelitian menunjukkan bahwa lemak di sekitar paha dan pantat lebih sulit untuk diuraikan daripada lemak di sekitar pinggang. Hal ini sebenarnya menguntungkan karena ketika lemak diuraikan dengan cepat, maka banyak sitokin yang dilepaskan yang memicu peradangan di dalam tubuh. Sitokin ini telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskuler, resistensi insulin dan diabetes. Semakin lambat lemak pinggul terbakar juga membuat lebih banyak hormon adiponektin yang melindungi arteri, dan meningkatkan kontrol gula darah dan pembakaran lemak yang lebih baik.

Sebagai perbandingan, kelebihan lemak di sekitar perut, yang berbentuk apel (apple shaped), meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Dr. Konstantinos Manolopoulos, peneliti dari University of Oxford, mengatakan, "Ini adalah bentuk yang bermasalah dan tempat berkumpulnya lemak. Lemak sekitar pinggul dan paha, baik untuk anda, tetapi di sekitar perut adalah buruk". Menurutnya, banyak lemak di sekitar paha adalah baik asalkan perut tetap langsing.

Fotini Rozakeas dari British Heart Foundation mengatakan, "Penelitian ini membantu kami memahami bagaimana tindakan lemak dalam tubuh, dalam rangka untuk mengembangkan pendekatan baru dalam mengurangi penyakit jantung dan peredaran darah". Jika anda kelebihan berat badan, obesitas, atau jika anda memiliki ukuran pinggang yang meningkat (buncit), adalah penting untuk membuat perubahan pada gaya hidup anda, seperti makan makanan yang sehat dan melakukan olahraga, untuk mengurangi risiko masalah kesehatan jantung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar