Jumat, 19 Februari 2010

Penyakit Whipple (Lipodistrofi Intestinal)

DEFINISI
Penyakit Whipple (Lipodistrofi Intestinal) adalah suatu kelainan yang jarang ditemukan dan terutama menyerang pria yang berusia 30-60 tahun.


PENYEBAB
Penyebabnya adalah infeksi oleh Tropheryma whippelii. Lapisan usus halus selalu terinfeksi berat, tetapi infeksi juga bisa menyebar ke organ lain, seperti jantung, paru-paru, otak, sendi dan mata.


GEJALA
Gejalanya berupa warna kulit jadi lebih gelap, nyeri pada sendi yang meradang dan diare. Malabsorbsi yang berat menyebabkan penurunan berat badan dan anemia. Gejala umum lainnya adalah nyeri perut, batuk dan nyeri waktu bernafas yang disebabkan oleh peradangan pleura (selaput yang menyelubungi paru-paru).

Cairan bisa terkumpul di antara rongga pleura (efusi pleura) dan kelenjar limfa di tulang dada bisa membesar. Adanya bunyi murmur di jantung, biasanya menandakan bahwa infeksi telah mencapai jantung. Pembesaran hati, biasanya menunjukkan bahwa hati telah terkena infeksi. Bila infeksi sudah sampai ke otak, penderita akan mengalami kebingungan, kehilangan ingatan atau gerakan matanya tidak terkendali. Jika tidak diobati, penyakit akan bertambah parah dan bisa berakibat fatal.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan biopsi usus halus atau dari pembesaran kelenjar getah bening, yang akan menunjukkan adanya kelainan mikroskopik yang khas.


PENGOBATAN
Penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik seperti tetracycline, sulfasalazin, ampicillin, dan penicillin. Gejala-gejalanya akan membaik dengan cepat, tetapi penyembuhan jaringan yang sempurna memerlukan waktu sampai 2 tahun. Penyakit ini bisa kambuh lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar