Jumat, 19 Februari 2010

Tropical Sprue (Sariawan Tropikal)

DEFINISI
Tropical Sprue (Sariawan Tropikal) adalah suatu kelainan didapat, dimana lapisan usus halus yang abnormal menyebabkan terjadinya malabsorbsi dan kekurangan berbagai zat gizi. Tropical sprue banyak ditemukan di Karibia, India Selatan dan Asia Tenggara. Baik penduduk asli maupun pendatang, dua-duanya bisa terkena.


PENYEBAB
Penyebab yang pasti tidak diketahui, tetapi kemungkinan disebabkan oleh:
- Infeksi bakteri, virus, parasit
- Kekurangan vitamin (terutama asam folat)
- Adanya racun dalam makanan yang basi.


GEJALA
Tinja yang berwarna terang, diare dan penurunan berat badan merupakan gejala yang khas untuk penyakit ini. Demikian pula dengan sariawan di lidah karena kekurangan vitamin B2. Gejala malabsorbsi lainnya juga bisa terjadi. Kekurangan protrombin yang berperan dalam proses pembekuan darah, menyebabkan orang mudah memar dan mengalami perdarahan yang lama bila terluka. Penderita juga mempunyai gejala kekurangan albumin, kalsium, asam folat, vitamin B12 dan zat besi. Yang khas adalah anemia yang terjadi karena kekurangan asam folat.


DIAGNOSA
Diduga suatu sariawan tropikal pada seseorang dengan anemia dan gejala malabsorbsi lainnya, yang tinggal atau pernah tinggal di salah satu daerah endemik. Foto rontgen usus halus bisa normal atau abnormal. Penyerapan gula sederhana xilosa dapat dengan mudah diukur, pada 90% penderita xilosa tidak dapat diserap dengan baik. Biopsi jaringan usus halus akan menunjukkan kelainan yang khas.


PENGOBATAN
Pengobatan yang terbaik untuk tropical sprue adalah dengan antibiotik, yaitu tetracycline atau oxytetracycline. Antibiotik ini mungkin diperlukan selama 6 bulan, tergantung pada beratnya penyakit dan bagaimana responnya terhadap pengobatan. Tambahan zat gizi, terutama asam folat, diberikan bila diperlukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar