Rabu, 17 Maret 2010

Tidur Pada Usia 40-an itu Penting untuk Kesehatan Jantung

Tidur bagi wanita usia 40-an merupakan faktor penting bagi kesehatan jantung. Berdasarklan sebuah statistik tentang 10 besar penyakit penyabab kematian, penyakit jantung merupakan pembunuh nomer 1 (satu) pada wanita. Terutama pada usia 40-an ketika kadar hormon berfluktuasi - tidur menjadi faktor yang sangat penting bagi kesehatan anda.

Ketika tubuh anda kekurangan jumlah jam tidur yang tidak semestinya, maka jantung anda harus bekerja lebih keras. Sebuah studi baru-baru ini pada sebuah dokumentasi ‘Archives of Internal Medicine” menunjukkan bahwa durasi tidur pada malam hari yang kurang dari 7,5 jam menempatkan resiko seseorang untuk mempunyai penyakit jantung pada jumlah resiko yang lebih tinggi.

Sebuah penelitian baru pada Duke University menemukan bahwa jika hal itu memerlukan lebih dari ½ jam untuk tidur atau untuk para wanita yang sering terbangun pada waktu malam hari berpotensi dan mungkin mengalami peradangan pada pembuluh darah dan mempunyai kadar insulin yang lebih besar yang merupakan dua faktor risiko penyakit jantung.

Beberapa Faktor risiko lain dari penyakit jantung diantaranya:
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Kelebihan berat badan (overweight)
  • Perokok
  • Tidak berolahraga secara teratur
  • Sebelumnya sudah pernah mengalami serangan jantung, stroke atau operasi jantung.
  • Memiliki riwayat keluarga penyakit jantung
Dengan demikian, pentingnya melakukan relaksasi/rileks sebelum anda tidur tidak dapat dilebih-lebihkan. Lakukan yang terbaik untuk istirahat tidur anda. Jika tidak, bangun dan lakukan sesuatu yang menenangkan diri anda seperti membaca atau mendengarkan musik santai untuk membantu anda. Pastikan untuk tidak menonton televisi dan komputer tepat sebelum sampai ke tempat tidur. Kesehatan jantung anda senilai dengan usaha ekstra an anda untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar