Sabtu, 03 April 2010

Gastrinoma

DEFINISI
Gastrinoma adalah tumor pankreas yang menghasilkan hormon gastrin dalam jumlah yang sangat besar, yang akan merangsang lambung untuk mengeluarkan asam dan enzim-enzimnya, sehingga terjadi ulkus peptikum.


PENYEBAB
Kebanyakan penderita gastrinoma memiliki beberapa tumor lainnya yang berkelompok di dalam atau di dekat pankreas. 50% kasus merupakan suatu keganasan. Kadang-kadang gastrinoma merupakan bagian dari suatu kelainan bawaan, yaitu Neoplasia endokrin multipel. Neoplasia ini merupakan tumor yang berasal dari sel-sel pada kelenjar endokrin yang berlainan, seperti sel-sel yang menghasilkan insulin pada pankreas.


GEJALA
Sekresi gastrin yang berlebihan menyebabkan gejala-gejala yang disebut Sindroma Zollinger-Ellison. Gejalanya berupa nyeri perut ringan sampai berat sebagai akibat dari ulkus peptikum di lambung, usus dua belas jari dan tempat lainnya di usus. Bisa terjadi perforasi (perlubangan), perdarahan dan penyumbatan usus yang bisa berakibat fatal. Tetapi 50% penderita mengalami gejala yang tidak lebih buruk dari penderita ulkus karena sebab yang lain. Diare merupakan gejala awal pada 35-40% penderita lainnya.


DIAGNOSA
Dicurigai suatu gastrinoma jika seseorang menderita ulkus yang tidak memberikan respon terhadap pengobatan ulkus yang biasa. Pemeriksaan darah dilakukan untuk mengetahui adanya kadar gastrin yang abnormal. Pemeriksaan cairan lambung menunjukkan kadar asam yang sangat tinggi. Lokasi tumor biasanya sulit ditentukan, karena tumor biasanya berukuran kecil dan jumlahnya banyak. Tetapi bisa dilakukan pemeriksaan dengan CT scan, USG dan arteriografi, untuk mencoba mengetahui lokasinya.


PENGOBATAN
20% penderita tanpa neoplasia endokrin multipel, bisa sembuh dengan pembedahan. Sebelum dilakukan pembedahan, penderita mendapatkan obat ulkus standar, seperti cimetidine, ranitidine dan famotidine, yang bisa meringankan gejala-gejalanya. Jika obat-obat tersebut tidak berhasil, bisa diberikan omeprazole yang bisa mengurangi sekresi asam.

Jika pengobatan diatas gagal, mungkin perlu dilakukan pembedahan untuk mengangkat lambung (gastrektomi total). Pembedahan ini tidak mengangkat tumornya, tetapi gastrin tidak akan menyerang lambung lagi, sehingga gejala-gejalanya hilang. Jika lambung diangkat, diberikan tambahan vitamin B12 dan kalsium per-oral (melalui mulut) setiap harinya, dan suntikan vitamin B12 setiap bulan. Jika tumor ganas sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain, obat anti kanker (kemoterapi) bisa membantu mengurangi jumlah sel-sel tumor dan kadar gastrin dalam darah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar