Sabtu, 03 April 2010

Glukagonoma

DEFINISI
Glukagonoma merupakan tumor yang menghasilkan hormon glukagon, yang akan menaikkan kadar gula dalam darah dan menyebabkan ruam kulit yang khas. Sekitar 80% kasus merupakan keganasan. Tetapi mereka tumbuh lambat dan penderita banyak yang bertahan hidup sampai 15 tahun setelah tumor terdiagnosis. Gejalanya dimulai pada usia 50 tahun. 80% penderitanya adalah wanita.


PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui.


GEJALA
Kadar glukagon yang tinggi menyebabkan timbulnya gejala-gejala dari kencing manis (diabetes melitus). Penderita mengalami penurunan berat badan. 90% penderita memiliki ruam kulit yang bersisik dan berwarna coklat-kemerahan (eritema nekrolitik migrans), dimulai dari selangkangan lalu di daerah bokong, lengan bawah dan tungkai. Lidah tampak licin, berkilau dan berwarna merah-oranye. Kulit di sudut bibir juga tampak pecah-pecah.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala, hasil pemeriksan darah (kadar hormon glukagon tinggi) dan pemeriksaan angiografi serta pembedahan eksplorasi perut (untuk menentukan lokasi tumor). Pemeriksaan darah menunjukkan anemia dan kadar lemak yang rendah.


PENGOBATAN
Pengangkatan tumor melalui pembedahan akan menghilangkan semua gejala. Jika pengangkatan tumor tidak mungkin dilakukan atau jika tumor sudah menyebar, bisa diberikan obat anti kanker yang akan mengurangi kadar glukagon dan meringankan gejala-gejalanya. Octreotide juga bisa menurunkan kadar glukagon, menghilangkan ruam kulit dan mengembalikan nafsu makan, sehingga berat badan bisa kembali normal. Salep yang mengandung seng, bisa dioleskan pada ruam kulit. Kadang ruam kulit diobati dengan asam amino atau asam lemak yang diberikan secara intravena (melalui pembuluh darah).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar