Kamis, 28 Juli 2011

Gejala dan Pengobatan Penyakit Ambeien - Wasir

Gejala Penyakit Ambeien - Wasir.   Penyakit Ambeien atau biasa disebut juga dengan penyakit wasir (dalam bahasa Inggris penyakit ambeien disebut Hemorrhoid dan pada bahasa kedokteran penyakit ambeien disebut Piles) merupakan penyakit atau gangguan di anus dimana bibir anus (Sphinchter Ani), mengalami pembengkakan yang terkadang penyakit ambeien ini juga disertai pendarahan.

Dibeberapa kasus, penyakit ambeien atau penyakit wasir disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu contohnya pada saat olahraga angkat beban atau pada saar olahraga pernapasan, dan juga bisa karena terlalu banyak berdiri atau duduk, faktor keturunan (genetika), mengejan terlalu keras ketika buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil.  Tetapi pada umumnya, penyebab penyakit ambeien adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria.  Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.

Gejala Penyakit Ambeien / Penyakit Wasir

Gejala dan Pengobatan Penyakit Ambeien - Wasir
Penyakit Ambeien / Wasir bisa mengeluarkan darah (seperti invander salim yang terkena wasir dan mengeluarkan darah lumayan banyak), terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Lama kelamaan wasir dapat menyebabkan kehilangan darah yang berat atau anemia sehingga memerlukan transfusi darah.

Penyakit Ambeien / Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.

Terkadang Penyakit Ambeien / Wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bisa menjadi gejala dari wasir. Rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang terkeluar itu menghambat pembersihan anus secara efisien,dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan. Iritan ini dapat berpotensi menjadi kanker bila tidak segera ditangani.

Gejala dan Pengobatan Penyakit Ambeien - WasirSebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit ambeien / wasir ada awal mulanya sehingga kita bisa obati sedini mungkin. Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

Ada dua macam penyakit ambeien, yaitu penyakit ambeien luar dan penyakit ambeien dalam.

Pada penyakit ambeien dalam, pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Pada taraf awal memang wasir tidak terlihat dari luar, namun jika sudah membesar akan menonjol keluar.  Gejala awal penyakit ambeien / wasir dalam adalah keluarnya darah saat buang air besar.  Pada penyakit ambeien dalam ini ada beberapa stadium yaitu :
  1. Stadium satu : tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap selesai buang air besar.
  2. Stadium dua : tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang. Dengan gejala jika selesai buang air besar, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri.
  3. Stadium tiga : ukuran tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya selesai buang air besar tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong dengan tangan.
  4. Stadium empat : tonjolan sudah sebesar bola tenis. Tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong dan harus dioperasi.Pada wasir luar, kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus hingga gampang terlihat. Gejala umum wasir luar adalah rasa sakit ataunyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi trombus (darah beku).

Diagnosis Penyakit Ambeien / Penyakit Wasir

Diagnosis penyakit ambeien / wasir yang membengkak dan terasa nyeri ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan di daerah anus dan rektum. Untuk keadaan yang lebih serius, misalnya tumor atau kanker, bisa dibantu dengan pemeriksaan anoskopi dan sigmoidoskopi.

Biasanya, penyakit ambeien / wasir tidak membutuhkan pengobatan kecuali bila menyebabkan gejala. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi konstipasi dan peregangan yang menyertainya.

Suntikan skleroterapi diberikan kepada penderita wasir yang mengalami perdarahan. Dengan suntikan ini, pembuluh vena digantikan oleh jaringan parut.

penyakit ambeien / wasir dalam yang besar dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi, diikat dengan pita karet. Cara ini, disebut ligasi pita karet, meyebabkan wasir menjadi layu dan putus tanpa rasa sakit. Pengobatan ini dilakukan dengan selang waktu 2 minggu atau lebih. Mungkin diperlukan 3-6 kali pengobatan.

penyakit ambeien / wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser (perusakan laser), sinar infra merah (fotokoagulasi infra merah) atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi).

Pembedahan mungkin digunakan bila pengobatan lain gagal.

Bila penyakit ambeien / wasir dengan bekuan darah menyebabkan nyeri, maka bisa diobati dengan cara:
  1. duduk berendam dalam air hangat
  2. mengoleskan salep obat bius lokal
  3. pengompresan dengan kemiri.
Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu. Pilihan lainnya adalah memotong vena dan mengeluarkan bekuan, yang dengan segera akan mengurangi nyeri.

Mengobati Penyakit Ambeien / Penyakit Wasir

Pengobatan wasir dapat secara herbal.  Mungkin dilain waktu saya akan coba untuk carikan artikel tentang pengobatan ambeien secara herbal.

Namun sebelumnya ada sedikit tips untuk mengobati penyakit ambeien / wasir sebagai berikut:
  1. Selalu mengkonsumsi makanan berserat.  Lebih bagus kalau makan sayur setiap hari, menurut pengalaman isteri saya (kebetulan isteri saya pernah mengalami penyakit ambeien) kalau tidak makan sayur sampai 3 hari berturut-turut maka biasanya penyakit ambeien / wasir tersebut akan kambuh lagi.
  2. Minum Susu.   Jika tidak sempat mengkonsumsi makanan berserat usahakan untuk Minum Susu sebagai penggantinya.  Lebih bagus lagi kalau anda juga makan-makanan berserat dan juga ditambah dengan minum susu.
  3. Minum air yang cukup. 
  4. Jangan menahan kencing dan berak.  Jangan pernah sesekali menahan kencing dan juga berak karena hal ini akan mengakibatkan penyakit ambeien kambuh lagi.  Selain itu pada saat berak usahakan jangan terlalu mengedan hal itu juga akan menyebabkan penyakit ambeien semakin parah.
  5. Jangan terlalu sering memakai pakaian terlalu ketat.   Bahkan kalau bisa jangan pernah lagi memakain pakaian yang ketat.
  6. Satu lagi nih.  Hindari mengkonsumsi cabe biasa terlalu banyak makan cabe, maka ambeien biasanya langsung kambuh lagi.  
Mungkin itu 6 tips yang sampai saat ini masih dijalankan oleh isteri saya dan Alhamdulillah sampai saat ini penyakit ambeien tidak kambuh selama menjalankan lima tips di atas.  

Semoga Artikel Kesehatan - Gejala Penyakit Ambeien dan Pengobatan Penyakit Ambeien ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar