Rabu, 14 September 2011

Blueberry dapat Melawan Depresi dan Juga Hipertensi

Blueberry dapat Melawan Depresi dan Juga Hipertensi
Artikel Tentang Kesehatan - Blueberry dapat Melawan Depresi dan Juga Hipertensi.  Dari sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari British Nutrition Foundation diketahui bahwa untuk menghindari depresi tidak harus melalui rentetan sesi terapi psikologi yang sangat membosankan.  Hanya dengan banyak mengonsumsi blueberry secara rutin dapat melawan depresi dan juga stres.

Pada penelitian ini diketahui bahwa mikronutrien yang terdapat dalam blueberry memberikan efek yang cepat terhadap otak yang akan meningkatkan mood dan ketajaman mental seseorang.  Para peneliti juga menemukan efek serupa pada cokelat dan sayur-sayuran hijau. "Mikronutrien tertentu dalam blueberry, cokelat dan berbagai sayuran hijau dapat memberikan pengaruh besar pada suasana hati," ungkap pimpinan penelitian, Dr. Emma Williams.

Manfaat blueberry tidak hanya sampai di sini. Penelitian terdahulu dari Universitas East Anglia dan Universitas Harvard menemukan bahwa blueberry dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa senyawa bioaktif Anthocyanin yang dikenal dengan sebutan flavonoid-lah yang memegang peranan penting dalam mengatasi hipertensi. Para peneliti mengatakan mereka yang mengonsumsi blueberry secara teratur dapat menstabilkan tekanan darah tinggi sampai dengan 10 %.


Pada penelitian ini sekitar 181 ribu orang diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai kondisi kesehatan mereka selama dua tahun belakangan serta pola makan mereka selama empat tahun belakangan. Ditemukan mereka yang mendapatkan asupan flavonoid yang tinggi memiliki tekanan darah yang cukup stabil jika dibandingkan mereka yang tidak.
Para peneliti juga menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam blueberry menempati posisi tertinggi dalam "kerajaan" buah-buahan. Bahkan kadar falavonoid dalam blueberry juga mengalahkan teh yang dikenal kaya akan kandungan zat tersebut.

"Yang menarik dari penelitian ini adalah kandungan anthocyanin ternyata memberikan kontribusi yang begitu besar dalam pencegahan hipertensi," kata Prof Aedin Cassidy, yang menjadi pimpinan penelitian.
(liputan6.com)

Semoga Artikel Tentang Kesehatan - Blueberry dapat Melawan Depresi dan Juga Hipertensi  ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar