Kamis, 15 September 2011

Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

jerawatKebiasaan-Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat.  Dilansir oleh Total Beauty, Tony Nakhla, MD. dokter kulit dan juga penulis buku "The Skin Commandments: 10 Rules to Healthy, Beautiful Skin", dan Ava Shamban, M.D., memberikan apa-apa saja kebiasaan yang bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

1. Menggunakan alat-alat rias yang bahannya menjadi pemicu iritasi
Perlu Anda ketahui bahwa bahan utama dari riasan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. Beberapa bahan diketahui sangat mudah memicu iritasi dan jerawat. Berikut beberapa bahan dalam kosmetik yang sangat mudah membuat jerawat muncul, agar Anda bisa menghindarinya.
  • Pewarna artifisial : Lihatlah dalam kemasan,jika terdapat tulisan FD&C tandanya kosmetik tersebut mengandung pewarna artifisial.
  • Lanolin : Pada dasarnya ini merupakan sebutan lain dari sebum atau minyak. Formula ini diperuntukkan bagi kulit kering dan kurang tepat jika digunakan pada jenis kulit berjerawat.
  • Isopropyl Myristate: Bahan ini memang bisa membuat kulit tak terlalu berminyak. Tetapi, juga menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi kulit.
2. Membuat wajah terlalu kering
Terlalu sering menggunakan kertas minyak atau membersihkan wajah dengan busa sabun akan mengurangi kelembaban kulit wajah secara berlebihan. Meskipun mungkin tampak seperti ide bagus untuk membuat kulit berminyak menjadi lebih kering dengan pembersih yang berbahan keras, busa sabun, atau toner berbahan alkohol, faktanya justru kulit cenderung berisiko terkena iritasi.

Nakhla menjelaskan bahwa kulit secara alami mencoba untuk 'memperbaiki' sendiri. Jika terasa kering, maka kulit mencoba menyeimbangkan situasi dengan memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini seperti siklus, makin Anda membuat kulit kering, maka produksi minyaknya semakin meningkat.

3. Ponsel
Menggunakan ponsel dalam waktu lama juga memicu timbulnya jerawat. Tekanan saat Anda menggunakan ponsel bukan hanya menahan bakteri lebih lama pada kulit tetapi juga membantunya masuk ke dalam kulit. Bakteri inilah yang membuat kulit jadi mudah berjerawat.

4. Alat tidur yang kotor
Jangan menyepelekan kebersihan alat tidur Anda, baik bantal, guling maupun selimut. Kondisi lembab dalam suhu kamar, membuat bakteri dengan mudah berkembang biak pada alat-alat tidur. Selalu cuci sarung bantal dan guling termasuk selimut dan sprei secara teratur. Itu karena bakteri yang terdapat pada alat tidur akan dengan mudah berpindah pada kulit wajah saat Anda tidur yang akhirnya bisa jadi pemicu jerawat.

Sumber: vivanews.com

Semoga Artikel tentang Kesehatan - Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar